333. Peningkatan Hasil Belajar Tema 8 Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pojok Siku-Siku pada Kelas 3b SD Negeri Brumbung

Authors

  • Ayu Rizqia
  • Harto Nuroso
  • Joko Siswanto

Keywords:

Hasil Belajar, PBL, Pojok Siku-Siku

Abstract

Hasil belajar peserta didik kelas 3B SD Negeri Brumbung tahun 2022/2023 masih rendah, ini disebabkan metode yang digunakan guru dalam menyampaikan materi masih didominasi dengan metode ceramah dan berpatokan pada buku paket. Guru kurang mengaitkan materi pembelajaran secara kontekstual atau permasalahan nyata dan belum menggunakan media dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 3B melalui model problem based learning (PBL) di SD Negeri Brumbung Demak. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes (tes formatif) dan non tes (observasi dan dokumentasi). Hasil penelitian pada siklus I, nilai rata-rata mecapai 69,56 dan persentase tuntas belajar klasikal 69,56%. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 72,17 dan persentase tuntas belajar klasikal mencapai 86,95%. Sedangkan pada siklus III perolehan rata-rata meningkat lagi menjadi 80,43 dengan persentase tuntas belajar klasikal 100%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model PBL berbantuan media pojok siku-siku dapat meningkatkan hasil belajar tema 8 subtema 1  peserta didik kelas III SD Negeri Brumbung.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Rizqia, A. ., Nuroso, H. ., & Siswanto, J. . (2023). 333. Peningkatan Hasil Belajar Tema 8 Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pojok Siku-Siku pada Kelas 3b SD Negeri Brumbung . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2975–2982. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4103

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)