PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SENAM GERAK IRAMA KELAS X.8 SMA NEGERI 11 SEMARANG
Keywords:
Culturally Responsive Teaching, Senam Gerak Irama, PTKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar senam gerak irama siswa kelas X SMA Negeri 11 Semarang melalui penerapan model pembelajaran Culturally Responsive Teaching (CRT). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas X. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes praktik, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CRT mampu meningkatkan partisipasi dan keterampilan gerak siswa secara signifikan. Kesimpulannya, model CRT efektif dalam meningkatkan hasil belajar senam gerak irama dengan memperhatikan latar belakang budaya siswa.
References
Arikunto, S., dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) SMA/MA Kurikulum Merdeka.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Kurikulum 2004: Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdiknas.
Emmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.
Gay, G. (2010). Culturally Responsive Teaching: Theory, Research, and Practice. New York: Teachers College Press.
Ladson-Billings, G. (1995). Toward a Theory of Culturally Relevant Pedagogy. American Educational Research Journal, 32(3), 465–491.
Modul Ajar PJOK Kelas X Kurikulum Merdeka. (2022). Jakarta: Kemdikbudristek.
Muhajir. (2007). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Erlangga.
Muhajir. (2007). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Erlangga.
Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Siedentop, D. (2007). Introduction to Physical Education, Fitness, and Sport. New York: McGraw-Hill.
Siedentop, D. (2012). Introduction to Physical Education, Fitness, and Sport. New York: McGraw-Hill.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukintaka, A. (2011). Pengantar Ilmu Kepelatihan Olahraga. Yogyakarta: Andi Offset.