Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media “Fun Math” di Kelas I SD Supriyadi Semarang

Authors

  • Azzahra Obellia P S, Mudzanatun, Aini Istikomah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Media Kongkret, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui model
Problem Based Learning (PbL) berbantuan media kongkret “Fun Math” untuk peserta didik
kelas I SD Supriyadi Semarang semester 1 tahun ajaran 2023/2024. Desain penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (PTK) . Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan
tes dan non tes. Instrumen tesnya berupa soal-soal yang berbentuk essai dan instrument non
tesnya berupa lembar observasi. Analisis data teknik yang digunakan adalah teknik statistic
kuantitatif komparatif yaitu presentase teknik atau teknik statistic yang membandingkan hasil
belajar dari pra siklus, siklus I, siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan
pada hasil belajar mata pelajaran matematika pada peserta didik kelas I SD Supriyadi
Semarang yang diuji coba menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PbL)
berbantuan media kongkret “Fun Math” . Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan
hasil belajar berdasarkan ketuntasan yaitu jumlah peserta didik yang sebelum dilakukan
tindakan sebanyak 9 peserta didik (33% dari keseluruhan jmlah peserta didik) . Setelah
diberikan tindakan pada siklus I,banyaknya siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 19
peserta didik (75% dari jumlah seluruh peserta didik), dan pada siklus II jumlahnya peserta
didik yang tuntas menjadi 27 peserta didik (100% dari seluruh peserta didik)

References

Afifah, N. .. &. Hartatik, S. 2018. “Pengaruh

Media Permainan Ular Tangga

Terhadap Motivasi Belajar Pada

Pelajaran Matematika Kelas II SD

Kemala Bhayangkari 1 Surabaya.”

Journal of Mathematics Education,

Science and Technology. .

Ahmad, Fandi, s, .. &. aminah, n. s. 2015.

“Pengaruh Pembelajaran Fisika Pada

Materi Fluida Dinamik Menggunakan

Metode Problem Based Learning (Pbl)

Dan Inkuiri Terbimbing Ditinjau Dari

Kemampuan Awal Dan Sikap Ilmiah

Terhadap Prestasi Belajar Dan

Kreativitas.” Jurnal Inkuiri 4(2):77.

Didik Juliawan (n.d.). 2015. “Pengaruh

Model Pembelajaran Berbasis

Masalah Terhadap Pemahaman

Konsep Dan Ketrampilan Proses Sains

Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Kuta

Tahun Pelajaran 2011/2012.”

Program Studi Pendidikan IPA 4.

M Taufik Amir. 2015. Inovasi Pendidikan

Melalui Problem Based Learning.

Prenadamedia Group. edited by M

Taufik Amir. Jakarta.

Nissa, S. F. .. &. Renoningtyas, N. 2021.

“Penggunaan Media Pembelajaran

Wordwall Untuk Meningkatkan Minat

Dan Motivasi Belajar Siswa Pada

Pembelajaran Tematik Di Sekolah

Dasar. .” Jurnal Ilmu Pendidikan

(5):2854–60.

Romlah, S. .. Nugraha, N. .. &. Setiawan, W.

“Analisis Motivasi Belajar Siswa

SD Albarokah 448 Bandung Dengan

Menggunakan Media ICT Berbasis For

VBA Excel Pada Materi Garis

Bilangan.” Jurnal Cendekia : Jurnal

Pendidikan Matematika. .

Satrianawati. 2018. “Media Dan Sumber

Belajar.Yogyakarta.” CV Budi Utama.

Siregar, Purwanto dan Seri. 2016.

“Pengaruh Model Pembelajaran

Problem Based Learning (Pbl)

Terhadap Belajar Siswa Pada Materi

Pokok Suhu Dan Kalor Di Kelas x

Semester II SMAN 11 Medan t.p

/2015.” Jurnal Ikatan Alumni

Fisika Universitas Negeri Malang

:26.

Tafonao, Talizaro. 2018. “PERANAN

MEDIA PEMBELAJARAN DALAM

MENINGKATKAN MINAT BELAJAR

MAHASISWA.” Jurnal Komunikasi

Pendidikan 2(2):103. doi:

32585/jkp.v2i2.113.

Waseso. 2018. “Kurikulum 2013 Dalam

Perspektif Teori Pembelajaran

Kontruktivis.” Jurnal Studi

Pendidikan Islam 1(1).

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Obellia P S, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media “Fun Math” di Kelas I SD Supriyadi Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2204–2212. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5370

Issue

Section

Prosiding 2023