Pengaruh Pendekatan Berdiferensiasi Terhadap Keterampilan Smash Permainan Bola Voli Kelas X Pemasaran 3 Di SMK Negeri 2 Semarang

Authors

  • Alvi Alvi Oktafiana Dewi Universitas PGRI Semarang
  • Fajar Ari Widiyatmoko
  • Utvi Hinda Zhannisa
  • Chusnul Chotimah

Keywords:

Pendekatan , Diferensiasi, Keterampilan , Smash, Permainan , Bola Voli

Abstract

Pengaruh pendekatan berdiferensiasi terhadap keterampilan smash permainan bola voli kelas X pemasaran 3 di smk negeri 2 semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan berdiferensiasi terhadap smash permainan bola voli kelas x di smk negeri 2 semarang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian Tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X 3 ppemasaran 3 smk negeri 2 semarang yang berjumlah 36 siswa. Instrument pengumpulan data dengan cara tes dan pengukuran olahraga melalui rubrik penelitian. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh pendekatan berdiferensiasi terhadap keterampilan smash bola vol kelas x pemasaran 3 smk negeri 2 semarang dengan melihat kenaikan persentase dari siklus I siklus II.

References

Adhi Putra, Y., & Sistiasih, V. S. (2021). Modifikasi Pembelajaran Permainan Bola Voli. Jurnal Porkes, 4(2), 126–133. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i2.4705

Akhmad, I., Suharjo, Hariadi, Dewi, R., & Supriadi, A. (2022). The Effects of Learning Strategies on Senior High School Students’ Motivation and Learning Outcomes of Overhead Passing in Volleyball. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(2), 458–476. https://doi.org/10.46328/ijemst.2291

Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Bargas, Y., Arifin, Z., & Permadi, A. A. (2024). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT ( Team Game Tournament ) terhadap hasil belajar service bawah permainan bola voli. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 4(1), 1–13.

Destriana, D., Elrosa, D., & Syamsuramel, S. (2022). Kebugaran Jasmani Dan Hasil Belajar Siswa. Jambura Health and Sport Journal, 4(2), 69–77. https://doi.org/10.37311/jhsj.v4i2.14490

Endriani, D., Sitompul, H., Mursid, R., & Dewi, R. (2022). Development of a Lower Passing Model for Volleyball Based Umbrella Learning Approach. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(3), 681–694. https://doi.org/10.46328/ijemst.2508

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10

Mabrur, M., Setiawan, A., & Mubarok, M. Z. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Guling Depan Senam Lantai. Physical Activity Journal, 2(2), 193. https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.2.2.4014

Mustafa, P. S., & Winarno, M. E. (2020). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Aktivitas Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMK Negeri 4 Malang. Jurnal Penjakora, 7(2), 78–92. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PENJAKORA/article/view/25633

Neviantoko, G. Y., Mintarto, E., & Wiriawan, O. (2020). Pengaruh Latihan Five Cone Snake Drill, V-Drill Dan Lateral Two in the Hole, in Out Shuffle Terhadap Kelincahan Dan Kecepatan. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 154. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.9039

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. In Nizmania Learning Center. Nizamia Learning Center.

Ranti, S., Maidarman, M., Hermanzoni, H., & Mardela, R. (2020). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Patriot, 2(4), 1019–1035.

Riyanto, S., & Andhita, A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif. Cv Budi Utama.

Rohmah, L., & Muhammad, H. N. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani Dan Aktivitas Fisik Siswa Sekolah. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 09(01), 511–519.

Samsudin. (2019). Model Pembelajaran Atletik. Program Studi Pendidikan Jasmani Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta.

Soemaryoto, & Nopembri, S. (2018). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Kelas XII). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Utomo, B., Hartati, & Yuli, S. C. (2015). Upaya meningkatkan partisipasi aktif Siswa dalam pembelajaran pjok melalui modifikasi bermainan Softball. Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(2), 469–471.

Downloads

Published

2025-07-05

How to Cite

Alvi Oktafiana Dewi, A., Fajar Ari Widiyatmoko, Utvi Hinda Zhannisa, & Chusnul Chotimah. (2025). Pengaruh Pendekatan Berdiferensiasi Terhadap Keterampilan Smash Permainan Bola Voli Kelas X Pemasaran 3 Di SMK Negeri 2 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 2503010165. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7192

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.