274. Peningkatan Hasil Belajar Kognitif IPAS Melalui Model Pembelajaran PBL Berbantu Media Gurita Poin di Kelas IV SDN 6 Wirosari

Authors

  • Novi Nurhayati
  • Farida Nursyahidah
  • Nusa Fitri
  • Diana Wulandari

Keywords:

Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL), media pembelajaran, Gurita Poin, hasil belajar kognitif, IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) yang didukung penggunaan media Gurita Poin dalam meningkatkan hasil belajar kognitif Indikator Penilaian Akhir Semester (IPAS) pada siswa kelas IV di SDN 6 Wirosari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang melibatkan 31 peserta didik. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus, dengan setiap siklus yaitu pra-siklus, Siklus 1, dan Siklus 2. Tahap kegiatan per siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data hasil belajar kognitif IPAS dikumpulkan menggunakan tes yang dikembangkan berdasarkan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran PBL berbantu Media Gurita Poin efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif IPAS siswa kelas IV. Peningkatan yang signifikan terlihat pada setiap siklus penelitian. KKTP pembelajaran IPAS kelas IV yaitu 76. Pada pra siklus peserta didik yang tuntas adalah 14 peserta didik dengan persentase 45,16% dan peserta didik yang belum tuntas mencapai 17 peserta didik dengan persentase 54,83%. Pada siklus I, jumlah peserta didik yang tuntas bertambah menjadi 20 peserta didik dengan persentase 64,51% dan peserta didik yang tidak tuntas sebanyak 11 peserta didik dengan persentase 35,48%. Jumlah peserta didik yang tuntas semakin meningkat di siklus II menjadi 28 peserta didik dengan persentase 90,32%, sedangkan peserta didik yang belum tuntas terdapat 3 peserta didik dengan persentase 9,67%. Media Gurita Poin memberikan pengalaman menarik bagi peserta didik untuk mencapai target poin dalam belajar. Peserta didik dapat mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, keterampilan berpikir kritis, dan kemampuan kolaborasi dalam kelompok.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Nurhayati, N. ., Nursyahidah, F. ., Fitri, N. ., & Wulandari, D. . (2023). 274. Peningkatan Hasil Belajar Kognitif IPAS Melalui Model Pembelajaran PBL Berbantu Media Gurita Poin di Kelas IV SDN 6 Wirosari. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2418–2427. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4409

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)