Upaya Peningkatan Pembelajaran Senam Irama Melalui Pendekatan Berdiferensiasi Pada Peserta Didik Kelas X-5 SMA N 3 SEMARANG

Authors

  • Laila Siti Lailatul Nur Janah Universitas PGRI Semarang
  • Rahmat Sudrajat Universitas PGRI Semarang
  • Ibnu Fatkhu Royana Universitas PGRI Semarang
  • Dadang Permana SMA N 3 Semarang

Keywords:

Senam Irama, Efektivitas Pembelajaran, Pendekatan Berdiferensiasi

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan efektivitas pembelajaran senam irama melalui pendekatan berdiferensiasi pada peserta didik kelas X-5 SMA N 3 Semarang. Permasalahan utama adalah kurangnya efektivitas pembelajaran akibat pengelompokan besar yang menghambat interaksi, partisipasi, dan perhatian terhadap kebutuhan individu. Pendekatan berdiferensiasi diterapkan dengan membagi siswa ke dalam kelompok kecil, memungkinkan bimbingan lebih personal serta mendorong partisipasi aktif dan kepercayaan diri siswa dalam melakukan gerakan senam. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterlibatan siswa, pemahaman konsep, serta kualitas gerakan senam irama. Dengan demikian, pendekatan berdiferensiasi melalui pengelompokan kecil efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan layak menjadi strategi alternatif bagi guru PJOK.

Author Biographies

Rahmat Sudrajat, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas PGRI Semarang

Ibnu Fatkhu Royana, Universitas PGRI Semarang

Pendidikasn Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Semarang

Dadang Permana, SMA N 3 Semarang

Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, SMA N 3 Semarang

References

Bayani, F., & Wahyuni, I. (2015). PENERAPAN PENDEKATAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) BERORIENTASI KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 3(1), 44. https://doi.org/10.33394/j-ps.v3i1.1077

Devi, D. S. (2023). Differentiated Instruction in Special Education: Meeting Diverse Needs in the Classroom. Global International Research Thoughts, 11(1), 53–57. https://doi.org/10.36676/girt.2023-v11i1-11

Giri Verianti, Muhammad Muhyi, Ismaryati, Moh. Hanafi, Luqmanul Hakim, & Suharti. (2024). SURVEI PEMBELAJARAN BERDIFFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PJOK DI TINGKAT SEKOLAH DASAR: TINGKAT PEMAHAMAN SAMPAI PENERAPAN. STAND : Journal Sports Teaching and Development, 5(1), 65–74. https://doi.org/10.36456/j-stand.v5i1.9594

Koimah, S. M., Zahra, N. A., Prasitini, E., Sasmita, S. K., & Sari, N. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Siswa yang Beragam. Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya Indonesia, 2(2), 58–66. https://doi.org/10.61476/49j96838

Mast, D., Bosman, M., Schipper, S., & de Vries, S. (2019). BalanSAR. Proceedings of the Eleventh International Conference on Tangible, Embedded, and Embodied Interaction, 625–631. https://doi.org/10.1145/3024969.3025085

Perdima, F. E., Abdullah, K. H., & Karimi, A. (2023). Exploring the evolution of physical education and school health research: A bibliometric analysis. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 4(3), 203–214. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2023.vol4(3).12379

Resita, C., Widiastuti, W., Setiakarnawijaya, Y., Sopiah, O., Lobo, J., Estilo, K., Aryani, M., & Setiawan, E. (2023). Rhythmic physical activity to improve the motor abilities of junior students-athlete in gymnastics: randomized control trial. Fizjoterapia Polska, 23(3), 174–180. https://doi.org/10.56984/8ZG14337C

Simamora, A. N. (2024). Pengaruh Senam Irama Terhadap Perkembangan Motorik Anak. Harmoni Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 153–161. https://doi.org/10.62383/hardik.v1i3.443

Wiens, P. D., Zizzi, C., & Heatwole, C. (2022). Instructional Grouping Theory: Optimizing Classrooms and the Placement of Ranked Students. Educational Practice and Theory, 44(1), 5–21. https://doi.org/10.7459/ept/44.1.02

Downloads

Published

2025-06-11

How to Cite

Siti Lailatul Nur Janah, L., Sudrajat, R., Fatkhu Royana, I., & Permana, D. (2025). Upaya Peningkatan Pembelajaran Senam Irama Melalui Pendekatan Berdiferensiasi Pada Peserta Didik Kelas X-5 SMA N 3 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 2503010182. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7196

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.