Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan Melalui Permainan dan Media Audio Visual Pada Peserta Didik Kelas XI SMA N 2 Semarang
Keywords:
Hasil Belajar, Guling depan, senam lantai, Permainan, AudiovisualAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar senam lantai guling depan pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Semarang melalui penggunaan permainan dan media audio visual sebagai pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksaakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Negeri 2 Semarang yang berjumlah 35 siswa. Data penelitian ini adalah hasil belajar senam lantai guling depan sebagai data psikomotor, afektif dan kognitif. Penelitian tindakan kelas ini menghasilkan penelitian digambarkan dengan pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan permainan dan media audio visual sebagai pembelajaran dalam meningkatan hasil belajar senam lantai guling depan pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Semarang. Berdasarkan hasil observasi dan tes di siklus 1, Persentase ketuntasan hasil belajar senam lantai guling depan pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Semarang setelah mengaplikasikan pembelajaran dengan variasi permainan untuk kategori tuntas sebesar 34% pada siklus I, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 86% untuk materi belajar guling depan senam lantai. Persentase ketuntasan hasil belajar senam lantai guling depan pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Semarang setelah mengaplikasikan pembelajaran dengan variasi permainan dan media audio visual.
References
Akhiruddin, Sujarwo, Atmowardoyo, Haryanto, & Hinda, N. (2019). Belajar dan Pembelajaran. CV. CAHAYA BINTANG CEMERLANG.
Arsyad, & Wahyu Bagja. (2018). Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 3(2477–8427), 41–46.
Hartanto, Y., Insanistyo, B., & Arwin, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Untuk Meningkatkan Keterampilan Teknik Passing Kaki Bagian Dalam Permainan Sepak Bola Pada Siswa Kelas X Teknik Informatika Smk Negeri 8 Bengkulu Utara. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(2), 68–74. https://doi.org/10.33369/jk.v1i2.3466
Hayati, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. In Magelang: Graha Cendekia. Graha Cendekia.
Heri, L., Rusilowati, A., & Raharjo, T. J. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotor Senam Lantai dalam Pembelajaran Penjasorkes pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Educational Research and Evaluation, 6(1), 19–29.
Marlina. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Prenada Media Group.
Rahman, I., Gani, R. A., & Achmad, I. Z. (2020). Persepsi Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Tingkat Sma. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9(2), 144–154. https://doi.org/10.31571/jpo.v9i2.1898
Simbolon, M. E. M., Lestari, N., Armanto, T., & Alfarras, B. (2021). Efektivitas Pembelajaran PJOK Menggunakan Media Audio Visual saat Pandemi Covid-19 di Bangka Belitung. Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1), 1–8.
Soemaryoto, & Nopembri, S. (2018). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Kelas XII). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sulaeman, A. A. (2016). Modul Guru Pembelajar kurikulum. In Journal Education.
Sumarni, T. (2017). Peningkatan Pembelajaran Senam Lantai Guling Depan Melalui Permainan Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 18 Kota Pekanbaru. Jurnal Pigur, 01(2), 40–48.
Widyantoro. (2020). Modul Pembelajaran SMA PJOK. Direktorat SMA Kemendikbud.