Peningkatan Motivasi Belajar Materi Teks Biografi dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada Kelas X ULP 1 di SMK Negeri 2 Semarang

Authors

  • lusiana_agustina Syamsuddin Universitas PGRI Semarang
  • Asropah Universitas PGRI Semarang
  • Heru Tri Septiyanto

Keywords:

Culturally Responsive Teaching, Motivasi Belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X ULP 1 di  SMK Negeri 2 Semarang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks biografi dengan menggunakan pendekatan Culturally Responsive Teaching. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya motivasi belajar peserta didik kelas X ULP 1 di SMK Negeri 2 Semarang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks biografi.  Metode penelitian yang digunakan yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan tiga tahap, yakni prasiklus, siklus I, dan siklus II. Subjek penelitian yakni seluruh peserta didik kelas X ULP 1 di  SMK Negeri 2 Semarang yang berjumlah 35. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket motivasi belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yakni deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, memaparkan motivasi belajar peserta didik kelas X ULP 1 pada prasiklus yakni 36% dengan kategori motivasi belajar sangat rendah; motivasi belajar peserta didik pada siklus I yakni 63% dengan kategori motivasi belajar cukup; dan motivasi belajar peserta didik pada siklus II yakni 99% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X ULP 1 di SMK Negeri 2 Semarang pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks biografi.

Author Biography

Asropah, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas PGRI Semarang

References

Abdurahman, K., Rakhman, P. A., & Rokmanah, S. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. IJEDR: Indonesian Journal Of Education And Development Research, 2(1), 46-47. Https://Doi.Org/10.57235/Ijedr.V2i1.1497

Almujab, S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi: Pendekatan Efektif Dalam Menjawab Kebutuhan Diversitas Peserta didik. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8, Pp. 1–17. Available At: Http://Repo.Iain-Tulungagung.Ac.Id/5510/5/Bab 2.Pdf.

Daryanto, & Tutik, R (2015). Teori Belajar dan Proses Pembelajaran Yang Mendidik. Yogyakarta.

Fitriana, L. N. (2023). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Getaran, Melalui Model PBL dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (PPG), Vol. 1, Pp. 877-885.

Kurniasari, Dkk. (2023). Implementasi Culturally Responsive Teaching pada Materi Bentuk Bangun Ruang Kelas 1 SDN Pandean Lamper 04 Semarang. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan,6 (7),5364-5367.

Larasati, A., Titin., S., & Budiwati. (2024). Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching Pada Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Inovasi Pendidikan Fisika, 12(3): 83-91.

Mufidah, L. (2021). Urgensi Penelitian Tindakan Kelas dalam Memperbaiki Praksis Pembelajaran. At-Tajdid Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4(2), 168. Https://Doi.Org/10.24127/ATT.V4I02.1426

Noptario, N., Rizki, N., Nur'aini, N., & Ningrum, E. C. (2024). Peran Guru Dalam Kurikulum Merdeka: Upaya Penguatan Keterampilan Abad 21 Peserta didik Di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 658. Https://Doi.Org/10.51169/Ideguru.V9i2.813

Parhan, M., & Sukaenah, S. (2020). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 360-368.

Parende, S., U., & Widi, S., P., (2020). Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Menggunakan Model Problem Based Intruction (PBI) Tema 8 Pada Peserta didik Kelas IV SDN 001 Samarinda Utara. Sistema: Jurnal Pendidikan, 1(1): 23-35.

Ruser I., S, & Rizal M. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Rakyat Menggunakan Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada Peserta Didik Kelas VII-9 SMP Negeri 11 Medan. Journal Of Social Humanities And Education, No 3 (September, 2023).

Sari, D. A., H. Misbah, & Irmani, Q. R. (2020). Peran Guru dalam Membuat Model Pembelajaran yang Inovatif dan Kreatif Terhadap Motivasi Belajar Peserta didik. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jakarta: 7 Oktober 2020, 202-2013.

Yatmi, H. A., Wahyudi, W. & Ayub, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Ditinjau dari Pengetahuan Awal Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), Pp. 287–295. Doi: 10.29303/Jpft.V5i2.1327.

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Syamsuddin, lusiana_agustina, Asropah, & Heru Tri Septiyanto. (2025). Peningkatan Motivasi Belajar Materi Teks Biografi dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada Kelas X ULP 1 di SMK Negeri 2 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 250301106. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7229

Issue

Section

Pendidikan Bahasa Indonesia

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.