305. Classroom Action Research in An Effort to Improve The Motivation To Learn English Using The Learning Model TGT (Team Game Tournament) in Class XI Culinary Vocational High School Semarang
Keywords:
Team Game Tournament, pembelajaran inofatif, Classroom Action Research, motivasi belajarAbstract
Proses Pendidikan yang efektif tidak hanya melibatkan pengajaran yang baik saja namun mempertimbangkan berbagai aspek yang mecakupnya hal ini termasuk peserta didik. Dalam proses belajar nya motivasi peserta didik merupakan aspek yang perlu diperhatikan guru sebe lum menentukan bagaimana Langkah maupun proses pembelajaran kedepanya. Tujuan dilakukanya penelitian tindakan kelas ini yaitu demi menguji hipotesis penulis megenai hubungan motivasi peserta didik dengan hasil belajar yang akan diperoleh dengan menerapkan model pembelajaran kelompok yang menyenangkan yaitu Team Game Tournament. Dalam hal ini kelas XI kuliner 2 di SMK N 6 Semarang sebagai sample dan objek peniltian tindakan kelas tersebut dilaksanakan dengan menggunakan metode penilitan tindakan kelas, data peniltian diperoleh melalui pra siklus , siklus 1 dan 2 yang dilaksanakan kurang lebih 1,5 bulan , kemudian instrument yang digunakan yaitu angket dan lembar soal pretest dan posttest. Kemudian dianalisis secara kuantitatif dengan hasil adanya peningkatan motivasi peserta didik dilihat dari analsisi angket motivasi pada siklus 1 dan 2 dengan selisih lebih dari 50 % yang menunjukan perubahan motivasi peserta didik kea rah yang lebih positif dan ditinjau dari hasil belajar peserta didik dari siklus 1 dan 2 dengan selisih 33,5 % pada rata rata kelas . oleh karena itu penulis dapat menarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran menyenangkan Team Game Tournament di kelas XI kuliner 1 dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik secara signifikan.