Penerapan Model Project Based Learning Berbasis CRT untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Wati Fauziati Universitas PGRI Semarang
  • Aries Tika Damayani
  • Henry Januar Saputra
  • Suyatmi

Keywords:

Bepikir Kritis, Problem Based Learning, Culturally Responsive Teaching, Matematika, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD dalam hal menganalisis, menyimpulkan, dan mengevaluasi permasalahan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD dalam pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching. Penelitian dilaksanakan di SD Supriyadi 02 Kota Semarang dengan subjek penelitian 29 siswa kelas Va. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes kemampuan berpikir kritis menggunakan indikator dari Angelo yang meliputi kemampuan menganalisis, mensintesis, pemecahan masalah, menyimpulkan, dan mengevaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata tes kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 61,45 dengan presentase ketuntasan 31% meningkat menjadi 82,79 dengan presentase ketuntasan sebesar 86% pada siklus II. Dengan demikian, penerapan model Project Based Learning berbasis Culturally Responsive Teaching terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika.

References

Anggraeni, Nofi, Tin Rustini, dan Yona Wahyuningsih. 2022. “Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Ips Di Kelas Tinggi.” Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian 8 (1): 84–90. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p84-90.

Fitriah, Lailatul, Maytha Esterya Lumban Gaol, Nadilla Resti Cahyanti, Nursila Yamalia, Nisa Maharani, Irma Tri Iriani, dan Surayanah Surayanah. 2024. “Pembelajaran Berbasis Pendekatan Culturally Responsive Teaching Di Sekolah Dasar.” JoLLA Journal of Language Literature and Arts 4 (6): 643–50. https://doi.org/10.17977/um064v4i62024p643-650.

Hayati, Nurul, dan Deni Setiawan. 2022. “Dampak Rendahnya Kemampuan Berbahasa dan Bernalar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6 (5): 8517–28. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3650.

Kause, Migdes Christianto, Livia Eunike Paut, Halani Felda Sunbanu, Institut Pendidikan, dan Soe Soe. 2024. “Jurnal basicedu” 8 (5): 4230–37.

Kusuma, Endra, Arri Handayani, dan Dini Rakhmawati. 2024. “Pentingnya Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Tinjauan Literatur.” Wawasan Pendidikan 4 (2): 369–79. https://doi.org/10.26877/jwp.v4i2.17971.

Musa’ad, Faida, Rizky Ekawaty Ahmad, Sundari Sundari, dan Hidayani Hidayani. 2024. “Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 8 (2): 1481–87. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3361.

Naufanda, Muchammad Fitra, Ida Dwijayanti, dan Khodijah Habibatul Izzah. 2024. “Penerapan Pendekatan CRT untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang” 3 (2): 2637–44.

Rahmawati, Heni, Pratiwi Pujiastuti, dan Andarini Permata Cahyaningtyas. 2023. “Kategorisasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Empat Sekolah Dasar di SD se-Gugus II Kapanewon Playen, Gunung Kidul.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 8 (1): 88–104. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3338.

Rudi Ritonga, dkk,. Penelitian Tndakan Kelas “Strategi Pengembangan Profesi Guru”, (Jakarta:2021), h. 51.

Sofyan Iskandar, Primanita Sholihah Rosmana, Gaida Farhatunnisa, Iis Mayanti, dan dan Tegar Selaras Gustavisiana Muslimah Apriliya. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Journal Of Social Science Research 3 (2): 2325.

Surayya, Shahnaz, Siti Patonah, dan Sumiyatun. 2024. “Pengaruh pendekatan culturally responsive teaching (CRT) untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDN Peterongan Semarang” 07 (02): 214–22.

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Wati Fauziati, Aries Tika Damayani, Henry Januar Saputra, & Suyatmi. (2025). Penerapan Model Project Based Learning Berbasis CRT untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 250301087. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7286

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.