Analisis Prosentase Pemahaman Siswa Kelas Viii A Smp Negeri 30 Semarang Pada Materi Kebugaran Jasmani Melalui Media Ular Tangga
Keywords:
kebugaran jasmani, media ular tangga, pemahaman peserta ddik, PJOKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan pemahaman siswa kelas VIII pada materi kebugaran jasmani melalui media permainan ular tangga. Latar belakang penelitian didasari oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap materi tersebut, sehingga diperlukan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi, kuesioner, tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa, dengan persentase ketuntasan belajar meningkat dari 13,3% (pra-siklus) menjadi 47,8% (siklus 1) dan 97% (siklus 2). Simpulan penelitian ini membuktikan bahwa media ular tangga efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi kebugaran jasmani.
References
Dedika Haking, D., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Renang pada Mata Pelajaran PJOK Untuk Siswa Kelas V SD. JKTP, 2(4), 320–328. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/index
Jauharuddin, D., Indahwati, N., & Advanta Tarigan, C. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Culturally Responsive Teaching (Crt) Terhadap. Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 5(2).
Kumalasari, A. N., & Ridwan, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Passing Sepak Bola Peserta Didik. In Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga (Vol. 3, Issue 2).
Lutfiana, D., Widiyatmoko, A., & Nasution, M. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Materi Makanan Sehat dan Bergizi Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching Pada Peserta Didik Kelas VII H SMP Negeri 16 Semarang.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-Ilmu al-Qur’an, Hadits, Syariah Dan Tarbiyah, 03, 171–187.
Ramadhan, R., Priambodo, A., Marsudianto, M., Surabaya, U. N., Wetan, J. L., Lakarsantri, K., Surabaya, K., & Timur, J. (2024). Penerapan Metode CRT Untuk Memupuk Antusiasme Belajar Siswa Kelas IV Dalam Materi Aktivitas Permainan SDN Pakis 1 Surabaya Tahun Pelajaran 2024/2025. Student Research Journal, 2(5), 48–61. https://doi.org/10.55606/srjyappi.v2i5.1536
Lestari, N. A. (2024). Pengembangan Media Ular Tangga Cerdas Membaca Untuk Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(10).
Setiawan, D., & Darmawan, P. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V Di Sdn Tlogomas 2 Pada Konsep Perbandingan Ciri-Ciri Bangun Datar. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 3(9), 1-1.
Andriyani, F., Zulkarnaen, R. H., & Pratama, F. F. (2023). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Sistem Tata Surya Dengan Menggunakan Media Ular Tangga. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(4), 106-117.
Wati, A. (2021). Pengembangan media permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 68-73.
Zuschaiya, D., & Valentina, A. D. (2024). Optimalisasi Hasil Belajar IPAS melalui Metode Talking Stick Berbantuan Media Audio Visual di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 3(3), 111-122.