241. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Project Based Laerning (PjBL) pada Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Kelas V SDN 6 Wirosari

Authors

  • Ahmad Puji Prastiyo Universitas PGRI Semarang
  • Farida Nursyahidah Universitas PGRI Semarang
  • Sudarti SD 6 Wirosari
  • Indah Puspitosari SD 6 Wirosari

Keywords:

Hasil belajar, Project Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V semester 2 dalam materi jaring-jaring bangun ruang melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan bantuan media Jaring-Jaring 3D Tarik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam skor rata-rata dan ketuntasan belajar siswa sejak penerapan metode tersebut. Nilai rata- rata siswa naik dari 76 pada siklus pertama menjadi 84 pada siklus kedua, melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Sejalan dengan itu, persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar juga meningkat dari 61% di siklus pertama menjadi 86% di siklus kedua. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan bantuan media Jaring-Jaring 3D Tarik mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi jaring-jaring bangun ruang.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Prastiyo, A. P., Nursyahidah, F., Sudarti, & Puspitosari, I. (2023). 241. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Project Based Laerning (PjBL) pada Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Kelas V SDN 6 Wirosari. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2146–2154. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4307

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)