Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar melalui Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif di SMK Negeri 1 Bawen

Authors

  • Sri Sulastri Ningsih Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Syaipul Hayat
  • Atip Nurwahyunani
  • Zanny Varah Maulida

Keywords:

Keaktifan, Problem Based Learning, Media Interaktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan peserta didik kelas X ATP A SMKN 1 Bawen yang sebelumnya pasif akibat dominasi metode ceramah dan minimnya penggunaan media pembelajaran. Solusi yang diterapkan adalah model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media interaktif. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, lalu dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil menunjukkan peningkatan keaktifan dari 56,03% pada siklus I menjadi 74,31% pada siklus II, dengan peningkatan 18,28%. Kesimpulannya, penerapan model PBL berbantuan media interaktif efektif dalam meningkatkan keaktifan peserta didik.

References

Alimuddin, M. (2017). Pembelajaran Diskusi untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa. Jurnal Pendidikan, 14(2), 121-129.

Amir, A. M. (2009). Penerapan dinamika kelompok. Academica, 1(1), 120–130.

Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung: Widina Bhakti Persada.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, W., & Kristin, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. Jurnal ilmiah sekolah dasar, 1(3), 155-162.

Cahyadi, D. (2016). Pembelajaran Berbasis Presentasi dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 21(1), 91-98.

Djahir,Yulia. (2015). Perencanaan dan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Talenta Indonesia Mandiri.

Fauzi, A., & Kurniawan, R. (2020). Pengaruh penerapan Problem Based Learning berbantuan media digital terhadap keaktifan belajar siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi Indonesia, 10(1), 45-54.

Manoi, G & Robert, H.S. 2022. Stimulus Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Media Interaktif Pada Pembelajaran Matematika Secara Daring [Stimulating The Activeness Of Students Through The Implementation Of Interactive Media In Online Mathematics Learning]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 6 (1) :43-56.

Hamidah, S. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif terhadap Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan, 16(2), 112-119.

Hariyanto, S & Suyitno. 2019. Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Chasis Melalui Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning)Di Smk Pn Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif, 14(1): 58-67.

Hestiana, H., & Rosana, D. (2020). The Effect of Problem Based Learning Based SosioScientific Issues on Scientific Literacy and Problem-Solving Skills of Junior High School Students. Journal of Science Education Research, 4(1), 15–21.

Hidayatulloh, H. (2024). Resolving criminal acts of sexual abuse committed by children against children using a restorative justice approach in the Kudus police area. Journal of Law Science, 6(3), 462–470.

Lestari. D.S., Muhammad, S.H., Rivanna, C.R., & Moch, Ansori. (2023). Kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar kognitif melalui PBLpada Materi Sistem Respirasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(03), 14-22.

Listyarini, I., Layyina, H., & Nursyahadiyah, F. (2023). Analisis pendidikan karakter melalui pembiasaan di kelas III SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang. Jurnal Pendidikan, 32(2), 3370–3378.

Minarti, I. B., Nurwahyunani, A., Fajriyah, S. A., Sholekhah, S. D., Ardian, V. V. K., Lestari, S. A., & Firdaus, D. H. (2023). Integrasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi siswa di indonesia. NUMBERS: Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 44-54.

Moubayed, A., Injadat, M., Shami, A., & Lutfiyya, H. (2020). Student engagement level in an e-learning environment: Clustering using k-means. American Journal of Distance Education, 34(2), 137–156.

Mulyasa, E. (2016). Implementasi Kurikulum 2013: Pembelajaran yang Berorientasi pada Penguatan Karakter dan Kompetensi Siswa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyatiningsih, E. (2014). Analisis model-model pendidikan karakter untuk usia anak. Jurnal FT UNY, Karang Malang Yogyakarta.

Nugroho, A., & Suyanto, P. (2018). Pengaruh Diskusi Kelompok terhadap Peningkatan Keterampilan Memberikan Pendapat. Jurnal Pendidikan, 22(4), 78-87.

Nurwahyunani, A., & Azizy, M. (2023). Pengaruh Pendekatan Tpack pada Pembelajaran Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Journal On Education, 6(1), 1397–1405.

Octavina, MT., & Susanti. (2021). Pengembangan Media Interaktif Program Lectora Inspire Berbasis Android Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Kelas Xi Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Smknegeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 18(2): 142-151.

Prasetyo, B., & Hartono, D. (2022). Strategi pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa SMK dalam era digital. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(3), 203-212.

Rachmawati, RC & Erma Diningsih. (2021). Pengenalan Sosio Scientific Issue secara Daring terhadap Kemampuan Penalaran Siswa. : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 15(1): 31-36.

Rahmawati, D., & Suryadi, A. (2020). Pengaruh Pembelajaran Aktif terhadap Keaktifan Siswa dalam Mengajukan Pertanyaan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(1), 45-56.

Rusman, R. (2013). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sari, Y.N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis Menggunakan Media Video Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 3 Pagar Alam. Jurnal Profit, 5(1): 89-104.

Sari, R., & Mahmud, M. (2021). Kerja Kelompok dalam Pembelajaran: Pengaruh terhadap Keaktifan dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Aktif, 12(3), 33-44.

Schmidt, H. G., Loyens, S. M. M., Magda, J., & Smeets, G. (2022). Problem-based learning is compatible with human cognitive architecture: Commentary on Kirschner, Sweller, and Clark (2006). Educational Psychologist, 57(3), 1-12.

Şendağ, S., & Odabaşı, H. F. (2019). Effects of an online problem based learning course on content knowledge acquisition and critical thinking skills. Computers & Education, 128, 1-13.

Setiawan, B. (2017). Peningkatan Keterampilan Presentasi Melalui Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 18(1), 11-20.

Setiawan, R. (2018). Kerja Kelompok dan Pembelajaran Kolaboratif dalam Meningkatkan Keterampilan Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 23(1), 134-143.

Slamet, B. (2015). Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Kerja Kelompok. Jurnal Pendidikan, 15(3), 202-211.

Sudjana, Nana. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.

Suharsimi Arikunto. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. PT.Bumi Aksara.

Sulaeman, D. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77.

Supriyono, S. (2019). Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Diskusi Kelas melalui Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Pendidikan Dasar, 19(4), 74-81.

Susanto, H. (2018). Pengembangan Keterampilan Presentasi dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 11(2), 75-85.

Thamrin. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar PKn Pada SiswaKelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Pinrang. Jurnal Pendidikan BUM, 5(1), 1278-1290.

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Master Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta didik. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Wulandari, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menjawab Pertanyaan melalui Pembelajaran Berbasis Diskusi. Jurnal Pendidikan, 19(2), 101-110.

Wulandari, F., Nurhadi, N., & Rahman, A. (2020). Pemanfaatan media digital dalam pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 3(2), 89-97.

Yamin, M. (2013). Strategi dan metode dalam model pembelajaran. Gaung Persada Press.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Sri Sulastri Ningsih, Muhammad Syaipul Hayat, Atip Nurwahyunani, & Zanny Varah Maulida. (2024). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar melalui Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif di SMK Negeri 1 Bawen. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020369. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7323

Issue

Section

Agri Bisnis dan Tanaman

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.