Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Team Games Tournament Terhadap Hasil Passing Chest Pass Bola Basket SMK N 1 Semarang

Authors

  • Andhika Kamal Ridlo Universitas PGRI Semarang
  • Ibnu Universitas PGRI Semarang
  • Asep Universitas PGRI Semarang
  • Suharso Universitas PGRI Semarang

Keywords:

PTK, TGT, passing chest pass

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Team Games Tournament Terhadap Hasil Passing Chest Pass Bola Basket SMK N 1 Semarang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Proses pembelajaran guru belum mempertimbangkan kebutuhan dan karakteristik siswa. Kesalahan yang terlihat yaitu, terlihat siswa posisi berdirinya kurang rileks dan posisi siswa saat melakukan pasing dada (chest pass). Kesalahan tersebut yang membuat siswa tidak aktif dalam  pembelajaran olahraga materi bola basket pasisng dada (chest pass). Jenis penelitian adalah metode penelitian eksperimen Pre Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttes Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Kelas TE 2 SMK N 1 Semarang tahun pelajaran 2024/2025. Sampel yang diambil adalah 24 siswa. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumen dan tes. Hasil perhitungan yang terdapat 24 siswa pada penilaian pretest pada sikap, ketrampilan dan pengetahuan. Pada nilai pretest ranah sikap didapat 7,25 dan nilai sikap postest yaitu 9,54. Pada penilaian ranah pengetahuan pretest didapat rata-rata sebesar 13,7 dan rata postest sebesar 15,4. Pada penilaian pretest ranah ketrampilan didapat rata-rata sebesar 5,83 dan rata-rata ketrampilan postest didapat sebesar 7,70. Kesimpulanya bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif Learning Team Games Tournament Terhadap Hasil Passing Chest Pass Bola Basket SMK N 1 Semarang.

References

Aditya, R., Azandi, F., & Benny Aprilal, M. Pengaruh Pendekatan Bermain Terhadap Hasil Belajar Mengiring Pada Permainan Sepak Bola Effect of Play Approach Against Learning Outcomes in Soccer Games. JPJ (Jurnal Pendidikan Jasmani), 1(1), 1–7.

Aji, F. W., & Tuasikal, A. R. S. (2020). Pembelajaran Dasar Dribbling Sepakbola Dengan Pendekatan Kooperatif Team Games Tournament Pada Siswa. JPOK, Universitas Negeri Surabaya, 8(3), 17-28.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arfenti Amir, Akhiruddin, Gusti Rani, & Hasanudin Kasim. (2024). Peran Guru Dalam Membangun Karakter Siswa Kelas X TE 1 di SMA Nasional Makassar. EDULEC : Education, Language, and Culture Journal, 4(1), 64–78. https://doi.org/10.56314/edulec.v4i1.215

Mardapi, D. (2017). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Munir, A., & Wahyudi, A. N. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Passing Sepak Bola Pada Siswa Sekolah Dasar Dengan Metode Sport For Develpoment. Jendela Olahraga, 7(2), 119-129.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugroho, A., & Aditya, R. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bermain Sepakbola Melalui Pendekatan Taktis Pada Peserta Didik Kelas X Smk Nusantara Education. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 6(1), 21-28.

Saputra, N. D., Siswanto, S., & Nugroho, S. (2024). Pengaruh Latihan Shooting untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sepak Bola Kelas XII MA Nihayatul Amal Rawamerta. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(1), 625-629.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyanto & Widodo, J. (2020). "Pengaruh Model Kooperatif dalam Pendidikan Jasmani". Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 8(1), 23–30.Slavin, R.E. (2021). Educational Psychology: Theory and Practice (13th ed.). Pearson.Pardi Gunawan, Fera Wati, A. I. (2024). Education , Language , and Culture ( EDULEC ). August, 152–164.

Putra G, J. P. A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Sepak Bola Dengan Penerapan Model Pembelajaraan Problem Based Learning Berbasis Information And Communication Technology Pada Perserta Didik Kelas Viib Di Smp Negeri 2 Negara (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha). Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(2), 190–197.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Kamal Ridlo, A., Royana, I. F., Ardiyanto, A., & Suharso. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Team Games Tournament Terhadap Hasil Passing Chest Pass Bola Basket SMK N 1 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020336. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7328

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Similar Articles

<< < 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.