269. Upaya Peningkatan Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD 1 Wergu Wetan

Authors

  • Eri Widya Ningrum Universitas PGRI Semarang
  • Sukamto Universitas PGRI Semarang
  • Dewi Rinawati SD 1 Wergu Wetan

Keywords:

Project Based Learning, Hasil Belajar, penelitian Tindakan kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA Tema 9 tentang benda-benda di sekitar kita pada siswa kelas V SD 1 Wergu Wetan Kecamatan Kota Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 siklus Setiap siklus terdiri atas tahap perencanan, pelaksanan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dan tes. Data dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran project based learning. Pada tahap pra siklus dari 28 siswa yang mencapai ketuntasan belajar 8 siswa (28.5%). Kemudian pada siklus 1 ketuntasan belajar mencapai 13 siswa (46,4%) dan pada siklus 2 terjadi peningkatan menjadi 20 siswa  (71,4%). Sehingga dapat disimpulkan penelitian ini menunjukkan pembelajaran dengan model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar tentang benda-benda di sekitar kita pada siswa kelas V SD 1 Wergu Wetan Kecamatan Kota Kabupaten Kudus semester 2 tahun ajaran 2022/2023.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Ningrum, E. W., Sukamto, & Rinawati, D. (2023). 269. Upaya Peningkatan Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD 1 Wergu Wetan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2373–2382. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4383

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)