263. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Problem-Based Learning Berbantuan Media Kongkret SD Negeri 6 Wirosari
Keywords:
problem-based learning, media pembelajaran kongkret, hasil belajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 6 Wirosari melalui model problem-based learning berbantuan media pembelajaran kongkret. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur penelitian melalui perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 kali siklus dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 28. Hasil dari penelitian ini yaitu, dalam siklus I rata-rata hasil belajar siswa 66,79 dengan presentase ketuntasan klasikal 39,29%. Sementara dalam siklus II rata-rata hasil belajar siswa mencapai nilai 76,07 dengan presentase ketuntasan klasikal 75%. Pada siklus III rata-rata hasil belajar meningkat sampai nilai 86,25 dengan presentase ketuntasan klasikal 89,29%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran problem-based learning berbantuan media pembelajaran kongkret pada siswa kelas V SD Negeri 6 Wirosari.