263. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Problem-Based Learning Berbantuan Media Kongkret SD Negeri 6 Wirosari

Authors

  • Muhamad Adip Universitas PGRI Semarang
  • Farida Nursyahidah Universitas PGRI Semarang
  • Nusa Fitri SD Negeri 6 Wirosari
  • Indah Puspitosari SD Negeri 6 Wirosari

Keywords:

problem-based learning, media pembelajaran kongkret, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 6 Wirosari melalui model problem-based learning berbantuan media pembelajaran kongkret. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur penelitian melalui perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 kali siklus dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 28. Hasil dari penelitian ini yaitu, dalam siklus I rata-rata hasil belajar siswa 66,79 dengan presentase ketuntasan klasikal 39,29%. Sementara dalam siklus II rata-rata hasil belajar siswa mencapai nilai 76,07 dengan presentase ketuntasan klasikal 75%. Pada siklus III rata-rata hasil belajar meningkat sampai nilai 86,25 dengan presentase ketuntasan klasikal 89,29%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran problem-based learning berbantuan media pembelajaran kongkret pada siswa kelas V SD Negeri 6 Wirosari.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Adip, M., Nursyahidah, F., Fitri, N., & Puspitosari, I. (2023). 263. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Problem-Based Learning Berbantuan Media Kongkret SD Negeri 6 Wirosari. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2329–2338. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4377

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)