252. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning pada Tema 8 kelas 3 SDN 6 Wirosari

Authors

  • Farhan Aldino Santoso Universitas PGRI Semarang
  • Farida Nursyahidah Universitas PGRI Semarang
  • Sudarti SDN 6 Wirosari Grobogan

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Peningkatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning Pada Tema 8 Kelas 3 SDN 6 Wirosari. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas III SDN 6 Wirosari yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur penelitian melalui perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 kali siklus dengan subjek penelitian siswa kelas III yang berjumlah 25. Hasil dari penelitian ini yaitu, dalam siklus I rata-rata hasil belajar siswa 75,2 dengan presentase ketuntasan klasikal 64%. Sementara dalam siklus II rata-rata hasil belajar siswa mencapai nilai 82 dengan persentase ketuntasan klasikal 84%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar melalui model problem based learning pada Tema 8 Kelas 3 SDN 6 Wirosari.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Santoso, F. A., Nursyahidah, F., & Sudarti. (2023). 252. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning pada Tema 8 kelas 3 SDN 6 Wirosari. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2238–2246. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4326

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)