Peningkatan Hasil Belajar dengan Model PBL Berbantuan LKPD Interaktif Berbasis Flipbook Peserta Didik Kelas IV di SDN Sawah Besar 01

-

Authors

  • Jian Tikasari Universitas PGRI Semarang
  • Filia Prima Artharina
  • Ariestika Damayanti
  • Alberta Budi Lestari

Keywords:

hasil belajar, Problem Based Learning, LKPD interaktif

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran di sekolah sangat bergantung pada hasil belajar siswa, yang mencerminkan pencapaian mereka dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Namun, hasil belajar yang rendah masih banyak ditemukan minimnya media pembelajaran yang menarik, dan pendekatan mengajar yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis flipbook interaktif dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV A SDN Sawah Besar 01 pada mata pelajaran IPAS. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes evaluasi hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai siswa dari 58,6 pada pra-siklus menjadi 75,1 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 85,3 pada siklus II. Peningkatan ini juga terlihat dari persentase ketuntasan belajar yang naik dari 59% pada pra-siklus menjadi 75% di siklus I, dan mencapai 85% pada siklus II. Temuan ini membuktikan bahwa penggunaan LKPD berbasis flipbook dalam pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan partisipasi aktif, pemahaman materi, dan hasil belajar siswa.

References

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar peserta didik. Jurnal Education and development, 8(2), 468-468.

Huda, A. I. N., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Peserta didik Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan

Jiwandono, I. S. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Komunikatif untuk PPKn Jenjang Sekolah Dasar. Elementary School Education Journal)

Khasanah, S. U., & Setiawan, B. (2022). Penerapan Pendekatan Socio-Scientific Issues Berbantuan E-Lkpd Pada Materi Zat Aditif Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 10(2), 313-319.Jiwandono,et al(2020:1466)

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).

Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194-202.

Pramudya, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar ipa pada pembelajaran tematik menggunakan pbl. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 320-329.

Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Peserta didik Pada Pembelajaran Tematik Kelas Ii Di Sd Muhammadiyah Danunegaran. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(3).

Putri, R. E., Nurhayati, N., Pramudiyanti, P., & Dewi, P. S. (2024). Efektivitas Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) pada Mata Pelajaran IPA Berbasis Model Inkuiri di SD Kelas V. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13640-13648.

Regita C, Pramesthi, D., Hakim, A. R., & Triwahyuningtyas, D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja PesertaDidik (LKPD) PadaPembelajaran Ipa Berbasis Masalah Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PGSD Unikama.

Suratman, A., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis discovery learning pada pembelajaran ppkn materi hak dan kewajiban untuk kelas III SDN 3 Golong. Journal Scientific of Mandalika (JSM)

Yulidar. (2018). Pengaruh LKPD Berbasis Komik Didaktis Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTSN 6 Aceh Besar Pada Materi Gerak Lurus

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Jian Tikasari, Filia Prima Artharina, Ariestika Damayanti, & Alberta Budi Lestari. (2025). Peningkatan Hasil Belajar dengan Model PBL Berbantuan LKPD Interaktif Berbasis Flipbook Peserta Didik Kelas IV di SDN Sawah Besar 01 : -. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 250301066. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7347

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Similar Articles

<< < 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.