Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model PjBL dengan Pendekatan CRT di Kelas V SD Supriyadi 02

Authors

  • Tsulits Aura Auliya Putri Universitas PGRI Semarang
  • Qori Mushafanah Universitas PGRI Semarang
  • Henry Januar Saputra Universitas PGRI Semarang
  • Suyatmi SD Supriyadi 02

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Project Based Learning, Culturally Responsive Teaching

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran PjBL dengan pendekatan CRT. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus di kelas VB SD Supriyadi 02. Terdapat peningkatan setiap indikator kemampuan pemecahan masalah pada siklus 1 ke siklus 2. Indikator menganalisis dan memahami masalah meningkat sebanyak 18%, indikator merencanakan penyelesaian masalah meningkat sebanyak 2%, indikator melaksanakan rencana pemecahan masalah meningkat sebanyak 2%, dan indiaktor menafsirkan hasil yang diperoleh meningkat sebanyak 16%. Pada siklus 1 indikator menganalisis dan memahami masalah berhasil mencapai presentase 70%, sedangkan pada siklus 2 indikator tersebut meningkat hingga 88%. Kemampuan siswa dalam merencanakan penyelesaian masalah juga meningkat dari presentase 68% menjadi 70%.  Terdapat peningkatan pada presentase dalam kemampuan melaksanakan rencana pemecahan masalah dari nilai dari 80% menjadi 82%. Sementara itu, kemampuan siswa pada indikator menafsirkan hasil meningkat dengan pesat dari 64% menjadi 80%. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran yang menerapkan model PjBL dengan pendekatan CRT dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VB SD Supriyadi 02.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Asyana, D. P., Erviana, L., & Burhanuddin, A. (2025). Efektivitas Project Based Learning (PjBL) IPAS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V di SD Negeri 3 Candi Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan. https://repository.stkippacitan.ac.id/

Damayanti, N., & Kartini. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 107–118. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Firdausy, I. A., Pratiwi, D. E., & Hastungkoro, H. N. A. (2024). Penerapan Model Project Based Learning Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 1 di SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya. Journal of Science and Education Research, 3(2), 37–42.

Gusmaningsih, I. O., Azizah, N. L., Suciani, R. N., & Fajrin, R. A. (2023). Strategi Refleksi dan Evaluasi Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 114–123.

Ischaq, D. F. M., Nafiah, & Budianto, A. (2022). Penerapan Pendekatan CRT Berbantuan Media Genially untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Anak Dan Karakter, 4(2), 51–62.

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327.

Malik, M. R. (2025). Peningkatan Pengetahuan Peserta Didik Materi Diagram Melalui Model PjBL dan Pendekatan CRT Kelas IVB SDN Mojorejo 02 Batu. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 29–32. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/28560

Nugrraha, I. R. R., Supriadi, U., & Firmansyah, Mokh. I. (2023). Efektivitas Strategi Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17, 39–47.

Riskyanti, D., Hamid, H., & Jalal, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 14 Halmahera Selatan pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 1, 41–56.

Setiyani, & Winanto, A. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Jurnal Belaindika :Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan, 6(2), 205–215. https://belaindika.nusaputra.ac.id/indexbelaindika@nusaputra.ac.id

Siswanto, E., & Meiliasari. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(1), 45–59.

Winarti, N., Maula, L. H., Amalia, A. R., Pratiwi, N. L. A., & Nandang. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 552–563. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2419

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Putri, T. A. A., Mushafanah, Q., Saputra, H. J., & Suyatmi. (2025). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model PjBL dengan Pendekatan CRT di Kelas V SD Supriyadi 02 . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 250301102. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7352

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.