Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching Berbantuan Media Kahoot pada Peserta Didik Kelas X-3

Authors

  • Feby Dera Viangga Universitas PGRI Semarang
  • Ngatmini Universitas PGRI Semarang
  • Nazla Maharani Umaya Universitas PGRI Semarang
  • Sri Handayani SMA Negeri 11 Semarang

Keywords:

Menulis, Culturally Responsive Teaching, Kahoot, Teks Biografi

Abstract

Keterampilan menulis teks biografi peserta didik kelas X-3 SMAN 11 Semarang masih rendah, terutama dalam memilih tokoh dan menuangkan ide. Penelitian ini menggunakan pendekatan Culturally Responsive Teaching dengan bantuan media Kahoot untuk meningkatkan keterampilan tersebut melalui Penelitian Tindakan Kelas pada 36 siswa. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan, dengan nilai rata-rata naik dari 69,6 (pra siklus) menjadi 86,83 (siklus II) dan persentase ketuntasan belajar mencapai 100% pada siklus II. Penelitian ini berhasil meningkatkan keterampilan menulis teks biografi peserta didik.

References

Gereda, A. (2020). Keterampilan berbahasa Indonesia: Menggunakan Bahasa Indonesia secara baik dan benar. Edu Publisher.

Lestari, E. P., & Septiana, I. (2024, December). Peningkatan keterampilan menulis teks biografi menggunakan model pembelajaran PjBL berbantuan media video motion grapic pada peserta didik kelas X-7 SMAN 10 Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 2, No. 1, pp. 45-53).

Nurhadi. (2017). Panduan lengkap menulis. Bumi Aksara

Sukrino. (2016). Belajar cepat menulis kreatif berbasis kuantum. Pustaka Belajar.

Intan, S., dkk. (2020, Juli). Pembelajaran menulis teks biografi pada siswa SMK kelas X dengan menggunakan model Think Talk Write (TTW) berbantuan media Powtoon. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(4), 559-565.

Silaen, J. B. (2018). Kejadian hipertensi pada masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Harapan Saya Pekanbaru. Jurnal Ipteks Terapan, 12(1), 677.

Fraser, B. J., & Tobin, K.G. (2014). Cultural and language diversity in schools: Managing the learning environment. Routledge.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian Pendidikan: Pendidikan kuantitatif, kualitatif, dan R&D.

Alfabeta.

Sagala, S. (2013). Konsep dan makna pembelajaran. Alfabeta. Arifin, Z. (2014). Evaluasi pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2012). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Feby Dera Viangga, Ngatmini, Nazla Maharani Umaya, & Sri Handayani. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching Berbantuan Media Kahoot pada Peserta Didik Kelas X-3. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 2503010121. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7365

Issue

Section

Pendidikan Bahasa Indonesia

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.