Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Model PBL Berbantu Wordwall Pada Bahasa Indonesia Kelas Vb SDN Sarirejo

Authors

  • Nia Nur Lailiyah 089501426833
  • Ervina Eka Subekti
  • Veryliana Purnamasari
  • Ri’ah Nurhayati

Keywords:

Motivasi Belajar, Problem Based Learning, Wordwall, Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media digital Wordwall dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas VB SDN Sarirejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar yang signifikan setelah penerapan model PBL berbantu Wordwall. Pada pra tindakan, skor rata-rata motivasi belajar peserta didik sebesar 59% dengan kategori rendah. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, skor meningkat menjadi 71%, dan pada siklus II mencapai 85% dengan kategori tinggi. Penerapan PBL mendorong peserta didik untuk berpikir kritis, bekerja sama dalam kelompok, dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Sedangkan media Wordwall memberikan stimulus visual dan pengalaman belajar yang menyenangkan sehingga memperkuat ketertarikan dan keterlibatan peserta didik. Hasil ini menunjukkan bahwa kombinasi model PBL dan Wordwall efektif dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar. Temuan ini merekomendasikan penggunaan strategi pembelajaran inovatif dan berbasis teknologi dalam menciptakan suasana belajar yang lebih menarik, interaktif, dan bermakna bagi peserta didik.

Author Biographies

Ervina Eka Subekti

Pendidikan Profesi Guru, Fakultastas Pasca Sarjana, Universitas PGRI Semarang, 50125

Veryliana Purnamasari

Pendidikan Profesi Guru, Fakultastas Pasca Sarjana, Universitas PGRI Semarang, 50125

Ri’ah Nurhayati

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, SDN Sarirejo, 50125

References

Azizah, R., & Yuliana, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Wordwall terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inovatif, 7(1), 45–52.

Fauziah, N., & Winarsih, E. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 8(2), 89–97.

Huda, R., & Maulana, A. (2023). Implementasi Model Spiral Kemmis dan McTaggart dalam PTK untuk Pengembangan Profesional Guru. Jurnal Pendidikan Dasar dan Inovasi, 7(1), 23–32. https://doi.org/10.36709/jpdi.v7i1.5678

Lestari, S. (2023). Implementasi Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Sosial pada Pembelajaran IPS. Jurnal Sekolah Dasar Indonesia, 5(1), 112–121.

Mulyoto, G. P. (2022). Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar: Relevansi dan Tantangan dalam Era Digital. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(3), 210–218.

Nurhayati, S. (2022). Media Digital Interaktif dalam Pembelajaran Sekolah Dasar: Studi Kasus Penggunaan Wordwall. Jurnal Ilmu Pendidikan Anak, 4(2), 132–141.

Prastiwi, E., & Halidjah, S. (2024). Penerapan model PBL berbantuan media pembelajaran interaktif Wordwall dalam upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa (JPDP), 10(1), 278–288. https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i1.2758

Putri, R. A., & Saputra, Y. (2023). Efektivitas Media Wordwall dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan SD, 9(2), 98–106.

Safitri, E. (2023). Pengaruh Model PBL terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Inovatif Dasar, 6(2), 55–63. https://doi.org/10.36709/jpid.v6i2.4949

Surahmawan, A. N. I., & Lestari, W. (2022). Wordwall sebagai Media Evaluasi Interaktif dalam Pembelajaran Daring dan Luring. Jurnal Teknologi Pendidikan Dasar, 6(1), 55–63.

Suralaga, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 135–144.

Uno, H. B. (2019). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuni, L., & Syahrial, Z. (2022). Penggunaan Wordwall sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Interaktif di SD. Jurnal Teknologi Pembelajaran Dasar, 8(3), 89–96. https://doi.org/10.25273/jtpd.v8i3.4123

Wijayanti, A., & Prasetyo, D. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Aktif di SD Melalui Media Interaktif. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(1), 71–80.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Nia Nur Lailiyah, Ervina Eka Subekti, Veryliana Purnamasari, & Ri’ah Nurhayati. (2025). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Model PBL Berbantu Wordwall Pada Bahasa Indonesia Kelas Vb SDN Sarirejo . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 25030106. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7366

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.