Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem Base Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III A SDN Pandeanlamper 03 Semarang
Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar, Bahasa IndonesiaAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia Peserta didik kelas IIIA SDN Pandeanlamper 03 Semarang Semester I Tahun Pelajaran 2023/2024 menggunakan model PBL. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Subjek penelitian ini Peserta didik kelas IIIA SDN Pandeanlamper 03 Semarang, di kelas IIIA berjumlah 28 Peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Teknik analisi data menggunakan deskriptif komparatif yang berupa presentase dari hasil belajar Bahasa Indonesia antara pra siklus dan setelah siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia. Pada kondisi awal sebesar 25% peserta didik mencapai batas tuntas. Siklus 1 meningkat sebesar 50% Peserta didik mencapai ketuntasan. Siklus 2 meningkat sebesar 75% Peserta didik mencapai ketuntasan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model PBL membuat Peserta didik menjadi lebih aktif dan berani dalam menyelesaikan masalah dan meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia.
References
anjaya, W, (2011), Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, penerbit kencana Prenada media Group, Jakarta.
Sutama, Narimo, S., & Nuraini, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Ispring Suite 8 di Sekolah Dasar. Jurnal Varidika, 63.
Rahayu, S. (2018). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Vol. 5 No. 1.
Pamungkas, S. (2012). Bahasa Indonesia dalam Berbagai Perspektif. Yogyakarta: Andi Offset.
Fathurrahman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: ArRuzz Media