Peningkatan Hasil Belajar IPAS melalui Media Interaktif Baamboozle pada Peserta Didik Kelas VIC SDN Sarirejo Tahun Ajaran 2025

Authors

  • Puji Lestari Lestari UPGRIS
  • Ervina Eka Subekti Universitas PGRI Semarang
  • Qoriati Mushafanah Universitas PGRI Semarang
  • Suwarni SDN Sarirejo Semarang

Keywords:

hasil belajar, IPAS, Baamboozle

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada peserta didik kelas VI SDN Sarirejo melalui penggunaan media pembelajaran interaktif Baamboozle. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan campuran (mixed methods), yang menggabungkan data kuantitatif berupa asesmen serta data kualitatif berupa observasi dan dokumentasi pembelajaran. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar peserta didik, dari 29% pada pra-siklus menjadi 64% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 93% pada siklus II. Penerapan media Baamboozle turut mendorong peningkatan motivasi dan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif Baamboozle berkontribusi positif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas VI SDN Sarirejo.

References

Amanda, A., & Prihatini. (2024). Efektivitas Baamboozle Sebagai Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan, 9(1), 28-35. https://ejournal.unesa.ac.id

Ardiansyah, R., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Revisi IV). Rineka Cipta. Depdiknas. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Jakarta: Depdiknas.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Singapore: Springer.

Khoiro, D. M., Samsiah, A., & Haryono. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Bamboozle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Peserta didik Kelas X di SMAN 1 Pamarayan. Jurnal Edusociata, 6(1), 509–520.

Mulia, Elvira, dkk. (2021). Kajian Konspetual Hasil Belajar Peserta didik dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 7(2)

Mulyasa, E. (2020). Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia.

Ngasmarani, C. L., et al. (2024). Pemanfaatan Media Interaktif Berbasis Web 4.0 (Baamboozle) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Peserta didik Kelas V SDN Gebang 224 Kota Surakarta. Jurnal SHES: Social Humanities and Educational Studies, 1(1). https://doi.org/10.20961/shes.v7i4.97077

Prawiyogi, A.G., dkk. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Baca Peserta didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1).

Putri, J. C., Huriawati, F., & Supadmiati. (2025). Implementasi Baamboozle Game pada Materi Keanekaragaman Hayati di SDN Mojopurno 01 Kabupaten Madiun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 299-305. https://jurnal.stiq-amuntai.ac.id

Rahman, Sunarti. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dasar.

Tyas, A. A. (2025). Efektivitas Media Pembelajaran Baamboozle pada Mata Pelajaran IPAS Materi Kebutuhan Manusia Kelas IV SD. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 9(1), 28–36. https://doi.org/10.52802/pancar.v9i1.1108

Tyas, A. A. (2025). Efektivitas Media Pembelajaran Baamboozle pada Mata Pelajaran IPAS Materi Kebutuhan Manusia Kelas IV SD. Jurnal PANCAR, 9(1), 28-35. https://jurnal.unugha.ac.id

Wati, Ni Nyoman Kurnia. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPAS. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2).

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Lestari, P. L., Ervina Eka Subekti, Qoriati Mushafanah, & Suwarni. (2025). Peningkatan Hasil Belajar IPAS melalui Media Interaktif Baamboozle pada Peserta Didik Kelas VIC SDN Sarirejo Tahun Ajaran 2025. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 25030107. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7382

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.