Analisis Peningkatan Keterampilan Shooting Dan Passing Permainan Bola Basket Dengan Pendekatan Cooperative Learning student team achievement student team achievement Pada Peserta Didik X-DPIB-DPIB-DPIB di SMK Negeri 3 Semarang

Authors

  • Muhamadfadlilr Muhamad Fadlil Romadlon Universitas PGRI Semarang
  • Dani Slamet Pratama Universitas PGRI Semarang
  • Intan Indiati Universitas PGRI Semarang
  • Sutarno SMK N 3 Semarang

Keywords:

Team Cooperative Learning student team achievement student team achievement , shooting, Passing, basketball

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan shooting dan passing dalam permainan bola basket dengan menggunakan pendekatan Cooperative Learning student team achievement   student team achievement   pada peserta didik kelas X-DPIB-DPIB-DPIB-DPIB 2di SMK Negeri 3 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 32 peserta didik. pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa lembar penilaian keterampilan shooting dan passing lembar observasi aktivitas peserta didik, dan lembar observasi guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Cooperative Learning student team achievement   student team achievement   mampu meningkatkan keterampilan shooting peserta didik. Pada kondisi awal, terdapat 11 peserta didik yang mampu melakukan shooting dengan benar. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, jumlah peserta didik yang mencapai kriteria meningkat menjadi 19 orang. Pada siklus II, jumlah tersebut kembali meningkat menjadi 27 peserta didik. Artinya, lebih dari 84,37% peserta didik telah mencapai ketuntasan belajar. Dengan demikian, pendekatan Cooperative Learning student team achievement   student team achievement   terbukti efektif dalam membantu meningkatkan keterampilan shooting  dan passing bola basket peserta didik.

References

Astuti, A. (2017). Pendidikan Jasmani dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana.

Bangun, W. (2016). Pendidikan dan Transformasi Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.

Freedman, L. (2006). Basketball: A History of the Game. Minneapolis: Lerner Publications.

Gadzali, M., et al. (2023). Inovasi Pembelajaran PJOK di Era Digital.

Lie, A. (2002). Cooperative Learning student team achievement student team achievement student team achievement : Mempraktikkan Cooperative Learning student team achievement student team achievement student team achievement di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Masroni & Hariyanto. (2021). Permasalahan dan Solusi Pembelajaran PJOK di Sekolah. Surabaya: Unesa Press.

Muhajir. (2007). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Erlangga.

Muhibbin Syah. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulzaman, Wahyuni, & Sari. (2024). Pendidikan Jasmani sebagai Penguatan Karakter dan Keterampilan.

Mustafa, B., & Dwiyogo, W. D. (2020). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.

Putria, S., et al. (2020). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Setyosari, P. (2017). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Slavin, R. E. (1995). Cooperative Learning student team achievement student team achievement student team achievement : Theory, Research, and Practice. Boston: Allyn and Bacon.

Sugiyanto. (2009). Model-model Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Surakarta: UNS Press.

Sujarwo & Soekamto. (2001). Dasar-dasar Kepelatihan Olahraga. Jakarta: Depdiknas.

Tennyson, R. (2011). Basketball Fundamentals. Illinois: Human Kinetics.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Muhamad Fadlil Romadlon, M., Pratama, D. S., Indiati, I., & Sutarno. (2024). Analisis Peningkatan Keterampilan Shooting Dan Passing Permainan Bola Basket Dengan Pendekatan Cooperative Learning student team achievement student team achievement Pada Peserta Didik X-DPIB-DPIB-DPIB di SMK Negeri 3 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020322. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7413

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.