Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Drama Melalui Penggunaan Media Cerpen Pada Siswa Kelas X

Authors

  • Andaru Mahayekti Universitas PGRI Semarang
  • Setia Naka
  • Agus Wismanto
  • Umi Chasanah

Keywords:

Kemampuan Menulis, Teks Drama, Media Cerpen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks drama dengan menggunakan media cerpen pada siswa kelas XI-11 SMAN 2 Semarang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks drama. Hal ini disebabkan oleh kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran serta minimnya kreativitas guru dalam memanfaatkan media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami. Akibatnya, siswa mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran menulis teks drama. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi observasi, tes berupa tugas menulis teks drama, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk memantau aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dirancang dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari dua jam pelajaran dan melibatkan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan media cerpen dapat meningkatkan kemampuan menulis teks drama siswa kelas XI-11 SMAN 2 Semarang. Hal ini terlihat dari perolehan nilai pada siklus I dengan jumlah nilai 2765 dan rata-rata 76,80 dan lebih meningkat lagi pada siklus II dengan nilai 3125, rata-rata 86,80. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media cerpen mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar menulis teks drama siswa kelas XI-11 SMAN 2 Semarang.

 

 

References

Arikunto, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Burns, A. (2010). Doing Action Research in English Language Teaching: A Guide for Practitioners. New York: Routledge.

Mulyasa, E. (2010). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurrahmawati. (2013). Meningkatkan Minat Menulis Teks Drama Melalui Pendekatan Kontekstual. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Djou, L. R. (2014). Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Nonformal, 1(1), 45–56. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/208/198.

Marlina, N. (2023). Penerapan metode role playing untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN Sukamaju 1 Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung (Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia). UPI Repository. https://repository.upi.edu/93561/4/s_c0151_054213_chapter1.pdf

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Andaru Mahayekti, Setia Naka, Agus Wismanto, & Umi Chasanah. (2025). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Drama Melalui Penggunaan Media Cerpen Pada Siswa Kelas X. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 250301114. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7416

Issue

Section

Pendidikan Bahasa Indonesia

Similar Articles

<< < 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.