278. Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Liveworksheets untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Tanggung Jawab Peserta Didik

Authors

  • Dyaisa Algustavia Sekar Widolaksono
  • Achmad Buchori
  • Dwi Astuti

Keywords:

hasil belajar, karakter tanggung jawab, discovery learning, liveworksheets

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan karakter tanggung jawab peserta didik dengan model discovery learning berbantuan liveworksheets pada peserta didik kelas X di salah satu SMA Negeri di Kota Semarang materi peluang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah 36 peserta didik kelas X-10 di salah satu SMA Negeri di Kota Semarang. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan non tes. Tes dilakukan untuk mengetahui hasil belajar, sedangkan non tes dilakukan untuk mengetahui karakter tanggung jawab dan keterlaksanaan pembelajaran. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar maka pra siklus diperoleh dari hasil asesmen tengah semester dengan rata-rata skor 40,90 dengan ketuntasan klasikal 2,78% kemudian terjadi peningkatan pada siklus I diperoleh skor 65,61 dengan ketuntasan klasikal 22,22%, lalu meningkat lagi pada siklus II diperoleh skor 81,54 dengan ketuntasan klasikal 77,14%. Dari data hasil observasi yang dilakukan terjadi peningkatan karakter tanggung jawab sebesar 27,37%. Peningkatan juga terjadi pada keterlaksaan pembelajaran sebesar 27,5%. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh ketuntasan klasikal pada siklus II yang sudah lebih dari 75%, karakter tanggung jawab pada siklus II termasuk kriteria tinggi, dan keterlaksaan pembelajaran sudah mencapai kriteria sangat baik sehingga dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbantuan liveworksheets dapat meningkatkan hasil belajar dan karakter tanggung jawab peserta didik kelas X-10 di salah satu SMA Negeri di Kota Semarang pada materi peluang.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Widolaksono, D. A. S. ., Buchori, A. ., & Astuti, D. . . (2023). 278. Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Liveworksheets untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Tanggung Jawab Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 556–567. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3957

Issue

Section

Prosiding 2023

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.