171. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Materi Cahaya dan Alat Optik Melalui Pembelajaran Discovery Learning pada Peserta Didik Kelas VIII

Authors

  • Noor Fitri Amalia Universitas PGRI Semarang
  • Ipah Budi Minarti Universitas PGRI Semarang
  • Budiastuti SMP N 6 Semarang

Keywords:

discovery learning, hasil belajar kognitif, keaktifan

Abstract

Rendahnya keaktifan dan hasil belajar peserta didik dapat disebabkan karena model pembelajaran yang kurang efektif dalam pelaksanaannya. Penelitian tindakan kelas ini mengggunakan model pembelajaran discovery learning yang terbukti efektif dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil siklus 1 skor keaktifan tertinggi hanya diperoleh 25% dari jumlah peserta didik. Sedangkan pada siklus 2 terjadi peningkatan ditandai dengan sejumlah 56,25% peserta didik mendapat skor tertinggi. Peningkatan juga terjadi pada rerata klasikal hasil belajar. Rerata klasikal pada siklus 1 yaitu 78% dan siklus 2 sebesar 86%.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Amalia, N. F., Minarti, I. B., & Budiastuti. (2023). 171. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Materi Cahaya dan Alat Optik Melalui Pembelajaran Discovery Learning pada Peserta Didik Kelas VIII. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1549–1555. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4144

Issue

Section

Prosiding 2023