294. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas X Perhotelan 4 SMK Negeri 6 Semarang

Authors

  • Nuraisyah Meitasiwi Pratiwi
  • Intan Indiati
  • Sumarti

Keywords:

Kemampuan representasi matematis, Problem Based Learning, Siswa SMK

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang dilakukan karena kemampuan representasi matematis siswa Sekolah Menengah Kejuruan masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMK dengan menerapkan model Problem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan melalui pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning pada materi peluang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus dengan empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Perhotelan 4 SMK Negeri 6 Semarang tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang diberi tindakan model Problem Based Learning mengalami peningkatan pada setiap siklus. Pada pembelajaran pra siklus mencapai persentase ketuntasan kelas secara klasikal sebesar 55,56%, pada siklus I meningkat menjadi 63,89%, pada siklus II meningkat mencapai 72,22%, dan pada siklus III meningkat menjadi 86,11%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning pada materi peluang mampu meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMK.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Pratiwi, N. M. ., Indiati, I. ., & Sumarti. (2023). 294. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas X Perhotelan 4 SMK Negeri 6 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2627–2638. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3997

Issue

Section

Prosiding 2023