199. Penerapan Model PBL Berbasis Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD 4 Dersalam

Authors

  • Tiara Ika Nor Khayati
  • Ferina Agustini
  • Naila Filahatin Ajria

Keywords:

problem based learning, eksperimen, hasil belajar, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD 4 Dersalam menggunakan model Problem Based Learning berbasis Eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD 4 Dersalam yang berjumlah 20 peserta didik, terdiri dari 4 putra dan 16 putri. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Rancangan penelitian ini mengacu pada Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa persentase peserta didik yang nilainya di atas KKM baru mencapai 55%. Pada siklus II menjadi 80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SD 4 Dersalam.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Khayati, T. I. N. ., Agustini, F. ., & Ajria, N. F. . (2023). 199. Penerapan Model PBL Berbasis Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD 4 Dersalam. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1780–1789. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4118

Issue

Section

Prosiding 2023