105. Improving Students’ Writing Skill of Narrative Text Through Storyboard That at SMA Negeri 5 Semarang

Authors

  • Siti Sa’adatul Abadiyah
  • Maria Yosephin Widarti Lestari
  • Windy Ekowati

Keywords:

Menulis Teks Naratif, Storyboard That, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Storyboard That untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks naratif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 Semarang tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Storyboard That yang dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X SMA Negeri 5 Semarang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan siswa dalam menulis. Rata-rata pre-test adalah 52,61. Rata-rata post-test 1 adalah 65,97. Rata-rata post-test 2 adalah 76,03. Hal ini menunjukkan bahwa skor dan rata-rata pada siklus kedua lebih baik daripada siklus pertama. Dengan kata lain, siswa lebih tertarik dan termotivasi dalam menulis teks naratif selama proses belajar mengajar. Siswa dapat membuat teks naratif yang terorganisasi. Dengan menerapkan Storyboard That, para siswa bersemangat untuk belajar bahasa Inggris. Dengan menerapkan Storyboard That siswa dapat menyusun teks naratif secara sistematis.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Abadiyah, S. S. ., Lestari, M. Y. W. ., & Ekowati, W. . (2023). 105. Improving Students’ Writing Skill of Narrative Text Through Storyboard That at SMA Negeri 5 Semarang . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 957–963. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4043

Issue

Section

Prosiding 2023