302. CTA (Cocept-Text-Application) Technique to Improve Narrative Text Writing Skill of the Tenth Graders
Keywords:
CTA (Concept-Text-Application), Menulis, Naratif,, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Menulis digunakan untuk mengekspresikan dan mengkomunikasikan beberapa ide. Nilai keterampilan menulis teks naratif siswa kelas X SMK di Semarang berada di bawah kriteria ketuntasan minimal. Skor standar minimal pada Bahasa Inggris adalah 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik CTA (Concept-Text-Application) dalam meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan menulis teks naratif siswa kelas X di SMK Negeri 6 Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dan dilakukan di kelas X Kuliner 3 SMK Negeri 6 Semarang. Pengumpulan data melibatkan penggunaan instrumen non-tes dan tes. instrument non-tes berupa lembar observasi dan dokumentasi. Penulis menggunakan data kuantitatif dalam menganalisis data. Pada siklus I dan siklus II, siswa memiliki antusiasme dan partisipasi yang lebih baik untuk mengikuti kegiatan. Pada tes pra-siklus, nilai rata-rata menulis mereka mencapai 66,83. Pada tes siklus pertama ketika penulis menerapkan tindakan, skor rata-rata menulis siswa adalah 71,05 atau meningkat 4,22. Pada tes siklus kedua, rata-rata skor menulis mereka mencapai 81,13. It artinya meningkat pada 14.30 dari siklus pertama. Pada siklus kedua menunjukkan bahwa proses pembelajaran berhasil. Berdasarkan hasil tersebut, pertama, kepada guru Bahasa Inggris agar menggunakan teknik mengajar yang menarik dalam mengajar khususnya dalam keterampilan menulis adalah CTA (Concept-Text-Application). Kedua, kepada siswa untuk memperkaya keterampilan menulis teks naratif dengan menggunakan CTA (Concept-Text-Application).