Improving Students’ Writing Skill In Descriptive Text Using Youtube Videos Through Clustering Technique
Keywords:
keterampilan menulis, video YouTube, teknik clusteringAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas X-3 SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang sebagai hasil dari pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan video YouTube melalui teknik clustering. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus pertama 63% siswa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan nilai rata-rata 71. Pada siklus kedua, 100% siswa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan nilai rata-rata 85. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan video YouTube melalui teknik clustering dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X-3 SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang.
References
Anggraini, A. (2021). Improving Student’s Speaking Skill Using Youtube Video as Media: An Action Research. Scope : Journal of English Language Teaching, 5(2), 57. https://doi.org/10.30998/scope.v5i2.8406
Armytasari, I. K. (2023). The Use of Clustering Technique to Improve Students’ Writing Skill in Descriptive Text (A Case of The Seventh Grade Students of SMP Negeri 1 Kragan Rembang). Wawasan Pendidikan, 3(1), 110–121. https://doi.org/10.26877/wp.v3i1.10577
Chien, C., Huang, Y., & Huang, P. (2020). YouTube Videos on EFL College Students’ Listening Comprehension. English Language Teaching, 13(6), 96. https://doi.org/10.5539/elt.v13n6p96
Hendrawaty, N., & Ambarwati, N. (2017). Using Clustering Technique Towards Students’ Writing Skill in Recount Text. Deiksis, 9(03), 350. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i03.1843
History, A., Hardianti, S., & Saosang, A. (2022). BEE JOURNAL USING YOUTUBE TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING ABILITY. In BEEJ (Vol. 3, Issue 1). www.youtube.com,
Maziriri, E. T., Gapa, P., & Chuchu, T. (2020). c, 2020-Apr. International Journal of Instruction, 13(2), 119–138. https://eric.ed.gov/?id=EJ1249144
Nasution, A. K. R. (2019). YouTube as a Media in English Language Teaching (ELT) Context: Teaching Procedure Text. Utamax : Journal of Ultimate Research and Trends in Education, 1(1), 29–33. https://doi.org/10.31849/utamax.v1i1.2788
Putra, A., & Patmaningrum, D. A. (2018). Pengaruh Youtube di Smartphone Terhadap Perkembangan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Anak. Jurnal Penelitian Komunikasi, 21(2), 159–172. https://doi.org/10.20422/jpk.v21i2.589
Ramalia, T., & Nirmala, N. (2019). Using Clustering Technique in Teaching Writing. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 28, 19–23.
Utami, A. R., Oktaviani, L., & Emaliana, I. (2021). The Use of Video for Distance Learning During Covid-19 Pandemic: Students’ Voice. Jet Adi Buana, 6(02), 153–161. https://doi.org/10.36456/jet.v6.n02.2021.4047
Wahyuni, A., & Utami, A. R. (2021). The Use of Youtube in Encouraging Speaking Skill. Pustakailmu.Id, 7(3), 1–9.
Yusuf, R. (2020). Teaching EFL Students Using Selected Media: Offline Video Taken From YouTube. Utamax : Journal of Ultimate Research and Trends in Education, 2(1), 29–33. https://doi.org/10.31849/utamax.v2i1.2909