Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Peserta Didik Teks Anekdot Kelas X-11

Authors

  • Nur Khasanah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

hasil belajar, pembelajaran berdiferensiasi, teks anekdot

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui strategi pembelajaran berdiferensiasi di kelas X-11 SMA N 2 Semarang). Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan ovservasi. Data dianalisis dengan deskriptif dan untuk analisis data yakni dengan membandingkan hasil skor yang diperoleh dari siklus I dan siklus II. Siklus I peserta didik mendapat persentase keaktifan 71% dan siklus II 83%, keaktifan peserta didik meningkat 12%. Hasil belajar dari tes prasiklus rata-rata sebesar 67,20 meningkat pada siklus I sebensar 70 dan meningkat lagi pada siklus II yaitu sebesar 81,6. Dari hasil tes prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan 2,0 dan sikus I ke siklus II meningkat 11,6.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Khasanah, N. . (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Peserta Didik Teks Anekdot Kelas X-11. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 165–174. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4787

Issue

Section

Prosiding 2023