113. The Implementation of Think Talk Write to Improve the Ability of Students’ Writing of Seventh Grade Students of Junior High School

Authors

  • Banjar Putri Kumala Universitas PGRI Semarang
  • Siti Musarokah Universitas PGRI Semarang
  • Atik Riyani SMP N 6 Semarang

Keywords:

Capaian pembelajaran Bahasa Inggris, Think Talk Write, Menulis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VII A SMP N 6 Semarang sebagai hasil dari capaian pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan teknik pembelajaran Think Talk Write. Penenlitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa di siklus pertama 78,12% siswa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan nilai rata-rata 78,12. Di siklus kedua 93,75% siswa menenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan nilai rata-rata 80,81. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VII A SMP N 6 Semarang.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Kumala, B. P., Musarokah, S., & Riyani, A. (2023). 113. The Implementation of Think Talk Write to Improve the Ability of Students’ Writing of Seventh Grade Students of Junior High School . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1032–1041. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4050

Issue

Section

Prosiding 2023