28. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3

Authors

  • Bayu Adhi Kurniawan
  • Fenny Roshayanti
  • Hamidah Noer

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar, Problem Based Learning

Abstract

Kurangnya kemampuan guru dalam menciptakan proses pembelajaran yang bermakna kemudian berdampak pada rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa setelah diterapkan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus penelitian. Pada masing-masing siklus terdapat empat tahapan penelitian yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni siswa kelas III Sekolah Dasar yang berjumlah 29 orang dengan 15 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode tes pilihan ganda yang berjumlah 10 soal. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif yaitu pengolahan data melalui diperoleh angka rata-rata (mean), dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 74,13% yang berada pada kategori sedang. Sedangkan hasil belajar pada siklus II yakni 85,86% yang berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar secara klasikal, sehingga dapat ditarik simpulan bahwa Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III Sekolah Dasar

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Kurniawan, B. A. ., Roshayanti, F. ., & Noer, H. . (2023). 28. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 234–241. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3900

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)