Penerapan Model Pbl Berbantu Media Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik 4b Sdn Bugangan 03

Authors

  • Ahmad Rohman Yusuf
  • Endang Wuryandini
  • Fredirica Yudina Numareta

Keywords:

Model Pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik terutama pada kelas 4B SDN Bugangan 03 Semarang pada pembelajaran Bahasa Indonesia BAB 2 Memahami arti Kosakata. Rendahnya Hasil belajar peserta didik disebabkan kurang sesuainya penggunaan Model Pembelajaran pada Peserta didik kelas 4B SDN Bugangan 03 Semarang, dalam penyampaian materi, guru tidak menerapkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 4B SDN Bugangan 03 Semarang. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari Pra-siklus, Siklus 1, dan Siklus 2. Hasil penelitian menunjukan peserta didik adanya peningkatan dari Pra-siklus ke siklus satu dan ke siklus dua. Perubahan tersebut terjadi dikarenakan adanya Tindakan perubahan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dalam pembelajaran yang dilaksanakan pada mata pelajaran Bahasa indonesia  BAB 2 Memahami arti Kosakata. Pra-siklus yang memiliki nilai diatas Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran berjumlah 12 peserta didik dengan persentase 42,9%. Siklus 1 yang memiliki nilai diatas Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran berjumlah 19 peserta didik dengan persentase 67,9%. Dan Siklus 2 memiliki nilai diatas Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran berjumlah 23 peserta didik dari 28 dengan persentase 82,1%. Hal ini menunjukkan bahwa target penelitian pada kelas 4B SDN Bugangan 03 Semarang telah tercapai pada siklus 2 dengan Persentase ketuntasan sudah diatas rata-rata.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.

Andani, M., Pranata, O. H., & Hamdu, G. (2021). Systematic literature review: model problem based learning pada pembelajaran matematika sekolah dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 404-417.

Anugrah, M. (2019). Penelitian Tindakan Kelas:(Langkah-Langkah Praktis Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas). Penerbit LeutikaPrio.

Aprima, D., Sari, Sasmita. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pelajaran Matematika SD. Cendekia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol 13(1), Hal. 95-101

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Bahar, H. M. A., Septiana, I., & Sudadi, S. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Interaktif dan Benda Kongkret pada Peserta Didik Kelas III SDN Keputran 06. Educatif Journal of Education Research, 4(4), 123-130.

Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105-2118.

Dewi, N. W. E. P. (2017). Meningkatkan Kualitas Guru untuk Pendidikan yang lebih baik. Pendidikan Universitas Ganesha,(March), 11.

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 87-105.

Farhana, Husna., Awiria., Nurul M. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Harapan cerdas: Jakarta.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-47.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).

Hasan, H. (2021). Meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model contextual teaching and learning pada era new normal. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 630-640.

Hasyim, M. H. M. (2014). Penerapan fungsi guru dalam proses pembelajaran. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 265-276.

Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Model proses inovasi kurikulum merdeka implikasinya bagi siswa dan guru abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408-423.

Meilasari, S., & Yelianti, U. (2020). Kajian model pembelajaran problem based learning (pbl) dalam pembelajaran di sekolah. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 3(2), 195-207.

Norainah, N. (2022). Interaksi Edukatif dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Inggris di MTsN Barito Selatan Kalimantan Tengah. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 4(1), 562-567.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Sahir., Syafrida H., 2022. Metodologi Penelitian. Bojonegoro: KNM Indonesia.

Samiyah, S., Halim, A., & Tjahjono, A. (2016). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS CERITA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BUMIREJO TAHUN 2016/2017 (Doctoral dissertation, STIE Widya Wiwaha).

Setiana, N. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 5(1).

Sucipto, S. (2017). Pengembangan ketrampilan berpikir tingkat tinggi dengan menggunakan strategi metakognitif model pembelajaran problem based learning. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 2(1), 77-85.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01).

Syahfitri, R., Kusumawati, T. I., & Rambe, R. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 1079-1088.

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30-41.

Tahir, W. (2017). Pengembangan manajemen sumber daya manusia terhadap peningkatan mutu pendidikan. Inspiratif Pendidikan, 6(1), 1-14.

Wahyuni, R. (2016). Inovasi Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Jurnal Pendidikan Dasar (Jupendas), 3(2).

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Yusuf, A. R. ., Wuryandini, E. ., & Numareta, F. Y. . (2023). Penerapan Model Pbl Berbantu Media Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik 4b Sdn Bugangan 03. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2440–2449. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5399

Issue

Section

Prosiding 2023