Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Suku Kata Menggunakan Model Pbl Berbantuan Media Papan Kata Kelas 1 Sdn Sawah Besar 01 Semarang

Authors

  • Ulyana Universits PGRI Semarang
  • Sri Suneki Universits PGRI Semarang
  • Theresia Sawitri Universits PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learnig, Media Papan Kata

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dikarenakan pembelajaran yang digunakan masih berpusat kepada guru. Hal ini menyebabkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran masih minim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa indonesia pada materi suku kata dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media papan kata kelas 1A SDN Sawah Besar 01 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik analisis kuantitatif deskriptif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus penelitian tindakan kelas terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas 1A SDN Sawah Besar 01 Semarang yang terdiri 15 peserta didik laki-laki, 13 peserta didik perempuan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan hasil belajar dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menghitung nilai rata-rata yang telah dicapai peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa indonesia materi suku kata terbukti meningkat. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan dari prasiklus sebesar 58,21, siklus I sebesar 72,14, dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 88,93. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar bahasa indonesia materi suku kata menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media papan kata mengalami peningkatan.

References

Agitsna, L. D., Wahyuni, R., & Friansah, D. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi bangun ruang sisi datar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 429-437.

Anas, R. M., Sulianto, J., & Sawitri, T. (2023). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika Sdn Sawah Besar 01 Semarang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4113-4125.

Andriani, A. (2021). Pengaruh Media Papan Flanel Kata Berbasis Metode Sas Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan (Penelitian Pada Siswa Kelas 1 Sd Negeri Wonoroto Kabupaten Magelang) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353-361.

Aprilia, U. I., & Kunijah, D. (2023, July). 277. Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (pp. 1907-1915).

Emilia, E., Rachmadyanti, P., & Fadjarwati, F. (2023). Implementasi Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika di SDN Medaeng 2 Sidoarjo. Journal on Education, 6(1), 993-1001.

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151-164.

Havisa, S., Solehun, S., & Putra, T. Y. (2021). Pengaruh Metode Suku Kata Mengunakan Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 23-31.

Illahi, G. W., Ekowati, D. W., & Nugraheni, F. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Mengenal Suku Kata Dengan Model Problem Based Learning Kelas 1 Sdn Purwantoro 1 Malang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 721-730.

Jamilah, N., Mulawarman, W. G., & Hudiyono, Y. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif ‘POST’ dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi untuk Siswa Kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1), 14-23.

Jelita, dkk. (2019). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Media Stik Es Krim Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Di Kelas 1 Sd Plus Nurul Aulia. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 2(1), 1-9.

Kahar, D. (2020). Pengaruh Penggunan Media Papan Flanel Kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulan Sisw Kelas I Sdn 19 Landang Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Kharisma, A. I. (2020). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Gatotkaca Terbang Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 16–23.

Khotimah, S. ., & Risan, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 48.

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. IJAR, 1(2).

Muarifa, S., & Lutfiana, R. F. (2023). Penerapan Model Pbl Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas 1 Sdn Gadingmangu I. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1889-1905.

Nevyanti, R. U., Hodidjah, H., & Respati, R. (2017). Media Puzzle Suku Kata dalam Pembelajaran Membaca Menulis Permulaan (MMP) di Kelas I Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 189-198.

Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016-2024.

Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194-202.

Nurmilawati. (2022). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Menggunakan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Cerpen.” Jurnal Ilmiah SARASVATI, 4(2), 181. https://journal.uwks.ac.id/inde x.php/sarasvati/index

Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589-5597.

Patih, T., Halistin, H., Sangila, M. S., Agus, I., Dedyerianto, D., La Hadi, A., ... & Samrin, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Multimedia Interaktif. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 13(2), 65-77.

Putri, C. D., Wahid, A. R., & Sunaryo, H. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Model PBL Berbantuan Booklet Pada Siswa Kelas 1 SDN Purwantoro 2. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1079-1090.

Robiyanto, A. (2021). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 114-121.

Safitri, A., Makki, M., Hidayati, V. R., & Fauzi, A. (2023). Pengembangan Media Stik Es Krim Untuk Kemampuan Berhitung Penjumlahan Dan Pengurangan Kelas Ii Sdn 2 Lembuak, Kabupaten Lombok Barat. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5836-5848.

Safitri, N. A., & Cahayati, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa Pada Materi Suku Kata Kelas 1 Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Problem. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1620-1.

Sani, I. N., Bahar, A., & Elvinawati, E. (2020). Perbandingan Model Pembelajaran Problem Solving Dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Mia Man 2 Kota Bengkulu. Alotrop, 4(2), 720 – 734.

Sari, M. Z., Gunawan, A., Fitriyan, Y., & Hilaliyah, N. (2023). Pengaruh minat baca siswa terhadap hasil belajar pada pelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Ciporang. DWIJA CENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik, 7.

Sunendi & Mareta M. (2023). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Stik Kayu Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan di Kelas I. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3).

Suparman, T., Prawiyogi, A. G., & Susanti, R. E. (2020). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 250–256. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.332.

Supena, I., Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2021).The Influence of 4C (Constructive, Critical, Creativity, Collaborative) Learning Model on Students’ Learning Outcomes.International Journal of Instruction, 14(3), 873-892. https://doi.org/10.29333/iji.2021.1 4351a

Suyadi, S., & Sari, R. P. (2021). Penggunaan Metode Suku Kata (Syllabic Method) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SDN 009 Tarakan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 174-182.

Tarigan, H.G. (2018). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Ulyana, Sri Suneki, & Theresia Sawitri. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Suku Kata Menggunakan Model Pbl Berbantuan Media Papan Kata Kelas 1 Sdn Sawah Besar 01 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3284–3292. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5663

Issue

Section

Prosiding 2023