Penggunaan Metode Problem Based Learning Berbasis Media Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS tentang Sumber Energi pada Siswa Kelas IV SDN Bendungan

Authors

  • Meifida Rosa Anindya Universits PGRI Semarang
  • Fenny Roshayanti Universits PGRI Semarang
  • Lolok Eko Wati Universits PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, IPAS, Pembelajaran Berbasis Masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPAS pada materi sumber energi siswa kelas IVA melalui model pembelajaran problem Based Learning berbantu dengan media canva di SD Negeri Bendungan.  Model dalam penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus dengan model Kemmis dan Taggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyelesaikan soal IPAS materi sumber energi peserta didik melalui Problem Based Learning (PBL) dengan berbantu media canva mengalami peningkatan. Melalui model pembelajaran berbasis masalah kemampuan peserta didik meningkat dalam menyelesaikan soal IPAS materi sumber energi dengan indikator memahami soal, membuat perencanaan, melaksanakan rencana, serta membuat kesimpulan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata dan persentase skor indikator dalam kemampuan menyelesaikan soal IPAS materi sumber energi sebesar nilai rata-rata nilai siklus 1 sebesar 67 dan nilai rata-rata siklus 2 sebesar 77. Ketuntasan klasikal juga meningkat pada setiap siklusnya yaitu 44%, 76%, dan 89%.

 

References

Anita Sri W. (2007. Strategi Pembelajaran di SD, Jakarta:Universitas Terbuka.

Arikunto. (2006). Metode Dokumentasi, Jakarta:Bina Aksara.

Bahri, Syaiful djamarah (2000).Kegunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Elizar.(1996). Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Dimyati dan Mujiono. (2000). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. (1990). Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara

Mujiono.(2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasution Noehi. (2007). Pendidikan IPA di SD, Jakarta: Universitas Terbuka.

Nawawi.(1981). Hasil Belajar Siswa. Bandung: Pustaka Martina.

Purwanto.(1985). Metode Observasi. Jakarta: Angkasa Jaya.

Sukardi.(1983). Pedoman Penilaian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutarno Nono dkk.(2007). Metode dan Pembelajaran IPA SD, Jakarta: Universitas Terbuka.

Usman, Basyirudin. (2002). Metode Demonstrasi dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Wardani I.H.A.K.(2007). Penelitian Tindakna Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Meifida Rosa Anindya, Fenny Roshayanti, & Lolok Eko Wati. (2023). Penggunaan Metode Problem Based Learning Berbasis Media Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS tentang Sumber Energi pada Siswa Kelas IV SDN Bendungan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2062–2070. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5350

Issue

Section

Prosiding 2023