Penerapan Problem Based Learning Berbantu Media Lagu Kreasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Kelas 2 Sdn Sawah Besar 01 Semarang
Keywords:
Problem Based Learning (PBL), Media Lagu Kreasi, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif menggunakan penerapan Model Problem Based Learning (PBL) berbantu media kreasi lagu tentang Nilai Pancasila peserta didik kelas II SDN Sawah Besar 01 Semarang pada mata pelajaran PKN (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah 29 peserta didik kelas II SDN Sawah Besar 01 Semarang. Penelitian dilakukan dalam II siklus, serta proses penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketercapaian hasil belajar kognitif peserta didik mengalami peningkatan pada setiap aspeknya. Hal tersebut dibuktikan pada tahap pra siklus rata-rata nilai 50, selanjutnya meningkat pada tahap siklus I dengan rata-rata nilai 70 Dan berlanjut meningkat pada tahap siklus II dengan rata-rata nilai 80. Sehingga dapat disimpulkan dari penelitian ini adalah penerapan penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media lagu kreasi tentang Nilai Pancasila dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran PKN (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) Kelas II SDN Sawah Besar 01 Semarang.
References
Agustin, V. N. (2013). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Journal of Elementary Education, 37.
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and development, 468.
Istika Praja Wulandari, d. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Model Problem Based Learning Berbantu Media Visual Papan Pintar Kelas IV SDN 2 Gayamsari Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Semarang, 2345.
Mutaakhirin, B. (2014). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA SD. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, 52.
Prananda, G. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA LAGU ANAK DALAM PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR. JURNAL IKA : IKATAN ALUMNI PGSD UNARS , 306.
Setiyana, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pbl Berbantu Aplikasi Canva di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 270.
Shobirin, M. (2022). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN CANVA PADA TEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA KELAS 5 SDN PURWOSARI 01 SEMARANG UTARA . Jurnal Pendidikan Dasar, 134.
Wening Desti Dian Pratiwi, d. (2023). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Lagu Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI SD Negeri Pedurungan Kidul 01. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 599.
Yanto, A. (2015). METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS. Jurnal Cakrawala Pendas, 57.