Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantu Media Domino untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas IV DI SD Gajahmungkur 04

Authors

  • Uswatun Khasanah Universits PGRI Semarang
  • Fine Reffiane Universits PGRI Semarang

Keywords:

Hasil belajar, Problem Based Learning, Domino

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui penerapan model problem based learning berbantu media domino pada siswa kelas 4 SDN Gajahmungkur 04 Semarang semester I tahun ajaran 2023/2024. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan tes dan non tes. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terbagi dalam empat kali pertemuan dengan rincian siklus pertama dua kali pertemuan, dan siklus kedua dengan dua kali pertemuan. Instrumen pengumpulan data berupa soal tes berbentuk pilihan ganda, dan non tes berupa lembar observasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Desain panel dalam penelitian ini adalah model Kurt Lewin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPAS siswa kelas 4 SDN Gajahmungkur 04 Semarang. Hal ini terbukti berdasarkan data hasil evaluasi yang menunjukkan bahwa siswa yang tuntas sebelum tindakan adalah 8 siswa (44%). Setelah diberikan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan jumlah ketuntasan siswa menjadi 12 siswa (66%). Setelah diberikan tindakan pada siklus II, terjadi lagi peningkatan jumlah ketuntasan menjadi 17 siswa (94%). Siswa yang belum tuntas sebelum diberikan tindakan adalah 10 siswa (68%). Setelah diberikan Tindakan pada siklus I, berkurang menjadi 4 siswa (22%). Setelah diberikan lagi Tindakan pada siklus II, menjadi 1 siswa (6%) yang belum tuntas.

References

Agus, S. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (2016). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Astika, I. K. U., Suma, I. K., & Suastra, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Sikap Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Kritis. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 3(2), 1-10.

Cahyani, A., Iin D. L., & Sari P. D. L. (2020). Motivasi Belajar Peserta didik SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam. 3 (1). 123-140.

Giarti, Sri. 2014. Peningkatan Keterampilan Proses Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model PBL Terintegrasi Penilaian Autentik Pada Siswa Kelas VI SDN 2 Bengle Wonosegoro. Scholaria, 4 (3) 13-26

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: penerbit Pustaka Pelajar, hal 271

Ilahi, F., Montessori, M., & Suryana, D. (2020). Pendekatan Problem Solving (PBL) terhadap Hasil Belajar Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 969–976. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.490

Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Kustandi, C. & Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Ghalia Indonesia, Bogor.

Lestari, I.A, Hermansyah Amir, Salastri Rohiat., Hubungan Persepsi Siswa Kelas X MIPA Di SMA Negeri Sekota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017 Tentang Variasi Gaya Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Kimia, Alotrop, 2017:1(2): 113-116.

Nasir, M., Wagino, W., & Pasaribu, M. (2017). Improvement of Student Learning Achievements and Activities in Learning Mechanics Using Tools Using Model Problem Based Learning Class X Technique Light Vehicles 2 Smk N 1 Pariaman. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 17(2), 54-60.

Nadiya, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Sistem Saraf: Penelitian pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Kawali Kab. Ciamis (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Putra, Sitiatava Rizema. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: DIVA Press

Ramlah. (2022). Penerapan Media Kartu Domino untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI pada Pelajaran IPS di SDN Jango Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Mandala, 7(1), 136-146.

Rusman. 2016. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: ALFABETA.

Wahyuningsih, E. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Sari.J, Amrul Bahar. , Dewi Handayani. , Studi Komparasi Antara Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa, Alotrop ,2017: 1(1) : 60-65

Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet

Wiwit., Hermansyah.Amir, Dody Dori Putra, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan dan Tanpa Media Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Exacta, 2012: 10 (1) : 71-78

Wahyuningsih, E. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2023-11-30 — Updated on 2024-05-13

Versions

How to Cite

Uswatun Khasanah, & Fine Reffiane. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantu Media Domino untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas IV DI SD Gajahmungkur 04. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2143–2152. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5361 (Original work published November 30, 2023)

Issue

Section

Prosiding 2023