Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Keruli Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V
Keywords:
Model PBL, Hasil BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui model problem based learning berbantuan media papan keruli kelas V Materi Bumiku Sayang Bumiku Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Plamongansari 02 dengan jumlah 28 siswa. Pengumpulan daya dilakukan menggunakan tes dan observasi serta dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari hasil tes prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tes pra siklus siperoleh nilai rata-rata 64 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 46%. Pada siklus I mengalami peningkatan pada hasill nilai rata-rata 70 dengan persentase ketuntasan 57%. Sedangkan padda siklus II mengalami peningkatan niali rata-rata 83 dengan persentase ketuntasan sebesar 100%. Berdasarkan hasil penilaian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning efektif dala meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bilangan kelas V SDN Plamongansari 02.
References
Arikunto, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Depdiknas.
Febrianti, A.W.,Hamdu,G., Putri, A.R. (2023). Analisis Miskonsepsi Konsep Fotosintesis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 24-34.
Hidayat, Ratna dan Pratiwa Pujiastuti. 2016. Pengaruh PBL terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif IPA pada SD. Yogyakarta: Jurnal Prima Edukasi. Vol 4. No.2 (186-197).
Huda, M. (2016). Model-model pengajaran dan Pembelajaran : Isu-isu Metodis dan Paradigmatid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isjoni. 2013. Cooperative Learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bndung: Alfabeta.
Novianti, R., Misdar, M., & Adib, H. S. 2019. “Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MAN 2 Palembang”. Jurnal PAI Raden Fatah,Vol 1 No 1, 2-20.
Sudjana.(2017).Strategi Pembelajaran.Bandung: Falah Production.
Supardi, 2013.Sekolah Efektif, Konsep Dasar dan Praktiknya. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Suprijono. A.(2016). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Thobroni, 2016. Belajar dan Pembelajaran. AR-RUZZ MEDIA. Yogyakarta: Cetakan II.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP): Jakarta: Bumi Aksara.
Usman Samatowa. (2011). Pembelajaraan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta.Indeks.
Wulandari, E. (2012). Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Pada Pembelajaran IPA.