PENGGUNAAN MEDIA FLIPBOOK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Eva Nurdiana Hidayanti Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Keterampilan Menulis, Media Flipbook, Media Pembelajaran.

Abstract

Rendahnya keterampilan menulis peserta didik yang ditunjukan dengan masih rendahnya kemampuan peserta didik dalam pemilihan kata, keragaman kosa kata, tanda baca dan penggunaan ejaan yang tepat serta penggunaan media pembelajaran yang kurang optimal menjadikan pembelajaran kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis peserta didik dengan penggunaan media pembelajaran flipbook. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak II siklus dengan teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran flipbook dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan keterampilan menulis peserta didik kelas V SDN Pandean Lamper 04. Rekomendasi dari penelitian ini adalah guru harus mampu menggunakan media pembelajaran dengan lebih memperhatikan karakteristik peserta didik dan materi pembelajaran.

References

Adam, S., & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam | Computer Based Information System Journal. CBIS Journal, 3(2), 1–13.

Amanullah, M. A. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 40.

Erniati & Nurjanah. 2020. Penggunaan Media Flip Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV SD Islam Al-Azhar 34 Makassar.DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3 (2), 2620-5246.

Handayani, E., Asfar, A. T., Asfar, A. A., F. A, A., & Marlina. (2020). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Dengan Model Pembelajaran NHTW Berbasis Aplikasi Storyboard. Jurnal PAKAR Pendidikan, 18, 66.

Lestari, N. D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Evolusi. Indonesian Journal of Education and Learning, 6(1), 11-18.

Semi, A. 2021. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Susanti, A., & Risminawati, M. P. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Penggunaan Strategi Estafet Writing Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDIT Luqman Al Hakim Kecamatan Sukodono Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Tarigan, I. Y., Amalia, N., & Hasibuan, M. S. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Drama Menggunakan Media Flipbook Pada Siswa Kelas XI Smk Negeri 7 Medan. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(7).

Utami, Y. R. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook Dalam Menunjang Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas Iv Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Wangid, M. N. (2014). Peningkatan keterampilan menulis menggunakan pendekatan proses dengan media gambar di SDN 3 Sakra. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 1-13.

Wardani, D. K., Qomariah, U. K. N., & ... (2021). Penerapan Aplikasi Tilawati Mobile Berbasis Flipbook Untuk Standarisasi Guru Tpq Desa Pesantren Jombang. Prosiding Seminar …, 1(c), 91–96.

Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 51-57.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Hidayanti, E. N. . (2023). PENGGUNAAN MEDIA FLIPBOOK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3150–3157. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5483

Issue

Section

Prosiding 2023