Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika SMA Negeri 11 Semarang

Authors

  • Gebi Dwi Puspitasari Universitas PGRI Semarang

Keywords:

penelitian tindakan kelas, keaktifan siswa, hasil belajar matematika, problem based learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X 5 SMA Negeri 11 Semarang yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data penelitian diperoleh dari tes, observasi, dan dokumentasi. Data keaktifan siswa dianalisis dengan dengan teknik deskriptif kualitatif yaitu dengan membandingkan nilai keaktifan pada kondisi awal, setelah siklus satu, dan setelah siklus dua kemudian direfleksi. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan teknik kuantitatif yaitu dengan membandingkan persentase ketuntasan dan nilai rata-rata pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Problem Based Learning, diperoleh adanya peningkatan keaktifan siswa yang pada prasiklus sebesar 55,53%, pada siklus I meningkat menjadi 70,8%, dan pada siklus II persentase keaktifan siswa menjadi sebesar 79,13%. Persentase ketuntasan siswa juga mengalami peningkatan dari 41,67% pada prasiklus, meningkat 55,56% pada siklus I, dan meningkat menjadi 77,78% pada siklus II.

References

Aminah, S. (2018). Efektivitas Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Jurnal Indragiri, 1(4), 28-36.

Anjelina Putri, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Mimbar Ilmu, 23(1).

Arip, M., & Aswat, H. (2021). Media pop up book untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 261– 268.

Desi et al. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 1-5.

Dewi, W., Shanta, R., & Suryati. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 3 Wonokromo. Artikel telah dipresentasikan pada Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. (pp. 102-106)

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem-based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71–78.

Hendriana, H., Johanto, T., & Sumarmo, U. (2018). The role of problem-based learning to improve students’ mathematical problem-solving ability and self confidence. Journal on Mathematics Education, 9(2), 291–299.

Machali, M. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru?. IJAR: Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 12-21.

Mulyadi. (2022). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas XI IPA di SMAN 1 Pasir Penyu. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(4), 463- 470.

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan hasil belajar biologi melalui e-modul berbasis problem based learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17.

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724.

Putri, R. H., & Wardani, N. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Problem Based Learning dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 26(1), 138–148.

Sisca et al. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas pendekatan pendekatan matematika realistik pada pembelajaran matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189-197.

Suardana, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Tolak Peluru. Journal of Education Action Research, 3(3), 270–277.

Tsaniyyah, D., Marianti, A., & Isnaeni, W.(2019). Keterampilan Proses Sains Siswa pada Pembelajaran Materi Sel dengan Metode Problem Base Learning Berbantuan Tutor Sebaya. Jurnal Phenomenon, 09(1), 21–35.

Wahyuni, I., Slameto Slameto, & Setyaningtyas, E. W. (2018). Penerapan Model PBL Berbantuan Role Playing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 356–363.

Wali, dkk. (2022). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dengan penerapan metode tutor sebaya. Jurnal Terapan Sains dan Teknologi, 2(2), 164-173.

Xinrong Y. dan Gabriele K. (2022). The impact of mathematics teachers’ professional competence on instructional quality and students’ mathematics learning outcomes. Behavioral Science, 1-8.

Yuliyani, Dwi, Rizky Esti Utami, & Muhammad Prayito. (2021). Pengaruh minat dan motivasi Belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Dwi Puspitasari, G. (2024). Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika SMA Negeri 11 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 208–216. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6035

Issue

Section

Matematika