70. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Realistik Matematika Kelas V SD N Wonolopo 01
Keywords:
hasil belajar, matematika, pendekatan realistik matematikaAbstract
Pembelajaran matematika terfokus pada guru sehingga siswa cenderung pasif, kurangnya pemanfaatan media, materi yang dianggap sulit dan membosankan mempengaruhi hasil belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui pembelajaran realistik matematika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 31 siswa kelas V SD N Wonolopo yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentaasi. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pendekatan realistik matematika mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V. Pada prasiklus terdapat 2 siswa (6%) mencapai KKM. Siklus I sebanyak 6 siswa (19%) mencapai KKM, siklus II 13 siswa (42%) mencapai KKM, dan siklus III 26 siswa (84%) dapat mencapai KKM dengan rata rata nilai 89.