70. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Realistik Matematika Kelas V SD N Wonolopo 01

Authors

  • Atikah Dewi Anggita Universitas PGRI Semarang
  • Aryo Andri Nugroho Universitas PGRI Semarang
  • Ristanti SD N Wonolopo 01 Semarang
  • Setiyanah SD N Wonolopo 01 Semarang

Keywords:

hasil belajar, matematika, pendekatan realistik matematika

Abstract

Pembelajaran matematika terfokus pada guru sehingga siswa cenderung pasif, kurangnya pemanfaatan media, materi yang dianggap sulit dan membosankan mempengaruhi hasil belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui pembelajaran realistik matematika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 31 siswa kelas V SD N Wonolopo yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentaasi. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pendekatan realistik matematika mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V. Pada prasiklus terdapat 2 siswa (6%) mencapai KKM. Siklus I sebanyak 6 siswa (19%) mencapai KKM, siklus II 13 siswa (42%) mencapai KKM, dan siklus III 26 siswa (84%) dapat mencapai KKM dengan rata rata nilai 89.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Anggita, A. D., Nugroho, A. A., Ristanti, & Setiyanah. (2023). 70. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Realistik Matematika Kelas V SD N Wonolopo 01. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 634–639. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3983

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>