336. Peningkatan Hasil Belajar Kognitif IPA dengan Model Pembelajaran Talking Stick

Authors

  • Eva Khoirun ’ Nisa
  • Kartinah
  • Dewi Khotijah

Keywords:

Model Pembelajaran Talking Stick, Hasil belajar kognitif, IPA

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran yang monoton. Penelitian ini menggungakan jenis penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari 2 siklus. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan yang tejadi pada hasil belajar kognitif peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran talking stick. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran IPA di siklus I masih banyak yang harus diperbaiki pada siklus II, sedangkan pada siklus II peserta didik telah melaksanakan proses pembelajaran dengan sangat baik,. Dari analisis data peningkatan hasil belajar peserta didik dari skor ketuntasan sebelum tindakan dari 23 peserta didik hanya mencapai 39,1%% atau hanya 9 siswa yang tuntas. Pada siklus I dari 23 peserta didik yang tuntas mencapain 47,8% atau hanya 11 siswa yang tuntas, dan siklus II meningkat lagi menjadi 78,2% atau 18 peserta didik yang tuntas.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Nisa, E. K. ’, Kartinah, & Khotijah, D. . (2023). 336. Peningkatan Hasil Belajar Kognitif IPA dengan Model Pembelajaran Talking Stick. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2997–3003. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4264

Issue

Section

Prosiding 2023