Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VB SDI Al Madina Dengan Menggunakan Model PBL Berbantuan Media Quiziz

Authors

  • Wahyu Adi Saputro Universitas PGRI Semarang
  • Arfilia Wijayanti Universitas PGRI Semarang
  • Khoiruliono Abdullah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Problem base Learning, Quiziz, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Hal itu disebabkan oleh peserta didik yang kurang aktif dalam proses pembelajaran. Peserta didik masih banyak berbicara, pasif dan tidak banyak terllibat aktif selama pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VB pada mata pelajaran IPAS di SDI Al Madina Semarang menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan media Quiziz. Penelitian ini dilakanakan di SDI Al Madina Semarang pada kelas VB yang berjumlah 28 peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak II siklus, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Data dari hasil tes peserta didik dianalisis untuk mendapatkan hasil dari penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, Berdasarkan rata-rata pesentase hasil belajar IPAS pada kegiatan Pra siklus mencapai 64,64 %, kemudian siklus I mencapai presentase 67,67%, dan pada pelaksanaan siklus II mencapai 76,25%. Berdasarkan dari hasli tersebut, Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media quiziz dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VB Pada mata pelajaran IPAS di SDI Al Madina Semarang.

References

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–272. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0” 2021, November, 289–302.

Rahmawati, D. N., Nisa, A. F., Astuti, D., Fajariyani, F., & Suliyanti, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 55–66.https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.335

Robiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa (Vol. 2, Issue 1).

Sihombing, Y., Haloho, B., & Napitu, U. (2023). Problematika Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 725. https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5611

Sugih, S. N., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599–603. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.952

Sulistiana, I. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Blimbing Kabupaten Kediri. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 127–133. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.5

Susilowati, D. (2023). Analisis Kualitas Instrumen Tes Hasil Belajar Pembelajaran IPAS pada Kemampuan Literasi Sains dan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Kualita Pendidikan, 4(2), 111-117.

Winasih, E. W., Parji, & Malawi, I. (2023). Penerapan Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Ix Smpn 4 Karang Anyar Tahun Pelajaran 2021/2022. Journal of Scientech Research and Development, 5(1), 429–441. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i1.150

Zulfa, T., Tursinawati, T., & Darnius, S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2111–2120. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5451

Downloads

Published

2025-01-10

How to Cite

Wahyu Adi Saputro, Arfilia Wijayanti, & Khoiruliono Abdullah. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VB SDI Al Madina Dengan Menggunakan Model PBL Berbantuan Media Quiziz. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 405–413. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6206

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar