Penerapan Model GBL Berbantu Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SDN Pedurungan Lor 02
Keywords:
Model Game Based Learning, Bahasa Indonesia, Hasil BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan belajar dalam penerapan Model GBL (game based learning) berbantu Canva siswa kelas 2 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi tanda baca koma di SDN Pedurungan Lor 02. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 2 SDN Pedurungan Lor 02 Semarang. Sumber data adalah guru dan peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kuantitatif dengan menentukan rata-rata dan persentase dari setiap aspek yang diamati. Data kuantitatif tersebut kemudian dianalisis secara kualitatif dengan dijabarkan dalam kalimat. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas 2 dimana pada siklus I telihat hasil ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I sebesar 68,33% dan Siklus II sebesar 88,33%. Kesimpulan penelitian ini penerapan model pembelajaran game based learning berbantu canva meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indoesia kelas 2 di SDN Pedurungan Lor 02.
References
Siregar, P. D., & Sitepu, M. S. (2023). Pengaruh Model Game Based Learning Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Muhammdiyah 01 Medan. Journal of Student Development Informatics Management (JoSDIM), 3(2), 263-271.
Mailida, Y., & Wandani, R. R. (2023). Karakteristik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 5608-5615.
Efendi, R., Wijayanti, A., & Hartati, H. (2024). Keefektifan Model PBL Berbantu Media Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pemblajaran IPAS Kelas 4 di SDN Pedurungan Lor 02. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 751-755.
Rahayu, A. W., Azizah, I. N., Ratnawati, Y. D., Shufiyah, S. S., Juhaeni, J., Purwanti, A. A., & Safaruddin, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Game based learning “One Board” terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Instructional and Development Researches, 4(2), 46-53.
Ulfa, E. M., Sari, A. F. P., Baryroh, F., Ridlo, Z. R., & Wahyuni, S. (2022). Implementasi Game Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9344-9355.
Wiseza, F. C., & Andini, N. F. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Game Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS. NUR EL-ISLAM: Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan, 10(1), 124-138.
Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian, Suatu Praktek. Jakarta: Bina Aksara.
Atminingsih, D., Wijayanti, A., & Ardianto, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajran PBL Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SDN Baturagung. MIMBAR PGSD, 143.
Munadi, Y. (2023). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta Selatan: Refensi.
Wijaya, N., Irsyad, H., & Taqwiyan, A. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Canva Dalam Mendesain Poster. Fordicate.
Irfadhila, D. A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Kubus dan Balok Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora 3(2).