Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantu Media Papan Pintar Pada Pelajaran Matematika Kelas I SD Negeri Kalicari 01

Authors

  • Rahmawati Dwi Handayani Students
  • Fenny Roshayanti Universitas PGRI Semarang
  • Suharno SDN Kalicari 01

Keywords:

Problem Based Learning, Papan Pintar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar hasil belajar matematika pada siswa kelas I SDN Kalicari 01 dengan menggunakan melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu media papan pintar pada materi penambahan, pengurangan, lebih dari, kurang dari dan selisih. Model Problem Based Learning (PBL) didasarkan pada pendekatan pembelajaran berpusat pada peserta didik, dimana peserta didik diajak untuk aktif dalam mengatasi masalah-masalah yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap persiapan, implementasi, evaluasi dan analisa. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SDN Kalicari I dengan jumlah 25 siswa. Data penelitian berupa hasil belajar Matematika siswa diambil menggunakan instrumen penilaian hasil belajar tes formatif. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif. Berdasarkan penelitian, diperoleh data persentase hasil belajar siklus I adalah 76,00% dan pada siklus II adalah 96%. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu media papan pintar dapat meningkatkan hasil belajar Matematia materi penambahan, pengurangan, lebih dari, kurang dari dan selisih  pada siswa kelas I SDN Kalicari 01.

References

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung:CV. Yrama Widya.

Syafril & Zelhendri Zen. 2017. Dasar Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana. Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara

UU No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS.

Sani, Ridwan Abdullah. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali

Saefuddin, A & Berdiati, I. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Downloads

Published

2025-01-10

How to Cite

Handayani, R. D., Roshayanti, F., & Suharno. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantu Media Papan Pintar Pada Pelajaran Matematika Kelas I SD Negeri Kalicari 01 . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 333–339. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6323

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar