PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD

Authors

  • Jois Syahadati Masruriyah Universitas PGRI Semarang
  • Ervina Eka Subekti Universitas PGRI Semarang
  • Suharno SDN Kalicari 01 Semarang
  • Sri Lestari SDN Kalicari 01 Semarang

Keywords:

matematika, problem based learning, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran problem based learning pada peserta didik kelas IV-A SD Negeri Kalicari 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IV-A SD Negeri Kalicari 01 Semarang sebanyak 28 peserta didik. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasu dan tes evaluasi matematika. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran problem based learning  pada peserta didik kelas IV-A SD Negeri Kalicari 01 Semarang mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dari pencapaian rata-rata pada pratindakan yaitu sebesar 55%, pada siklus I meningkat menjadi 69,32% dan pada siklus II menjadi 81,28%. Hasil observasi aktivitas peserta didik juga mengalami peningkatan. Pada siklus I sebesar 68,21% meningkat menjadi 90,63% pada siklus II.

References

Akhir, M. (2017). Penerapan Strategi Belajar Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Membaca pada Siswa SD. Indonesia Jurnal of Primary Education, 30-38.

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 71-78.

Husamah. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMM Press.

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.

Lidnillah, A. M. (2013). Heuristik dan Pemecahan Masalah Matematika dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Tasikmalaya.

Madyaratri, D. Y., Wardono, W., & Kartono, K. (2021). Mathematics Literacy Skill Seen from Learning Style in Discovery Learning Model with Realistic Approach Assisted by Schoology. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 48-54.

Moh, N. (2018). Cornerstone of Education (Landasan-Landasan Pendidikan). Yogyakarta: CV. Absolute Media.

Rusmono. (2017). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Safrida, M., & Kistian, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri Puereumeue Kecamatan Kaway XVI. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7 (1).

Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tarigan, E. B., Simarmata, E. J., Abi, A. R., & Tanjung, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik . Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2294-2304.

Wardani, & Wihardit, K. (2021). Penelitiaan Tindakan Kelas. Tangerang: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Masruriyah, J. S. ., Subekti, E. E. ., Suharno, & Lestari, S. . (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2866–2875. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5447

Issue

Section

Prosiding 2023