Penerapan Model Pembelajaran Pbl Berbantuan Media Papan Ceria Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa

Authors

  • efita santi Universitas PGRI Semarang
  • Duwi Nuvitalia
  • Yusuf Fuad Nugraha

Keywords:

Model PBL, hasil belajar kognitif

Abstract

Hasil belajar kognitif siswa kelas V SDN Plamongansari 02 cenderung rendah dan belum mencapai KKTP yakni 75. Hal ini dikarenakan guru belum menerapkan pembelajaran berbasis masalah dan belum menerapkan media pembelajaran. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar kognitif Pendidikan Pancasila siswa pada materi merawat persatuan dan kesatuan NKRI SDN Plamongansari 02. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN Plamongansari 02 dengan jumlah 28 siswa. Jenis penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara kolaboratif. Penelitian ini tersiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Tahapan tiap siklus yaitu perencancanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 43% dinyatakan sudah mencapai KKTP pada pembelajaran pra siklus. KKTP yang telah ditentukan yakni 75. Kemudian pada siklus I ketercapaiannya meningkat menjadi 60,7% dan meningkat pada siklus II menjadi 100% dengan kategori sangat baik dan memenuhi kriteria ketuntasan. Capaian rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada pra siklus mencapai 58 dan meningkat pada siklus I menjadi 68 kemudian meningkat Kembali pada siklus II mencapai 89,8. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan hasil belajar kognitif Pendidikan Pancasila melaui model PBL berbantuan media papan CERIA di kelas V SDN Plamongansari 02 dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.

References

Winkel, W. S., & Hastuti, M. S. (2005).

Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi. → Buku

Arikunto, S. (2015). Penelitian Tindakan

Kelas. Bumi Aksara.

Awe, E.Y., Benge, K. (2017). Hubungan

Antara Minat dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA pada Siswa SD. Journal of Education Technology, 1, 231–238.

Fathoni, M. (2023). Pembelajaran Fiqih di

Pesantren. CV. Mitra Cendekia Media.

Febrianti,A.W., Hamdu, G., Putri, A. R. (2023). Analisis Miskonsepsi Konsep Fotosintesis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 24–34.

Januar, H., Baktiningsih, D. (2023).

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SDN 1 Jeketro. 685–694.

Hassan, F. H., Yusup, V., Saputra, A. H.,

& Okilanda, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD Islam Sinar Cendekia Melalui Metode Eksperimen. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(1), 200–209.

Lestari, E. Y., Janah, M., & Wardanai, P.

K. (2019). Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme Generasi Muda di Era Globalidsi melalui Pemenerapan NilaiNilai Pancasila. ADIL Indonesia Journal, 1(1), 20–27. http://jurnal.unw.ac.id:1254/index.php/AI J/article/view/139

Silitonga, T. B. (2020). Tantangan

Globalisasi, Peran Negara, dan Implikasinya terhadap Aktualisasi Nilai-Nilai Ideologi Negara. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(1), 15–28. https://doi.org/10.21831/jc.v17i1.29271

Sukmalia, M., & Dewi, D. A. (2021).

Keberlangsungan dan Implementasi NilaiNilai Pancasila Dalam Hidup Bermasyarakat. Antropocene: Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 1(2), 38–43. https://journal.actualinsight.com/index.php/antropocene/article /view/202

Zulfa, N. I., & Misdi R, A. (2018).

Pengaruh Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Kemampuan Dalam Mengamalkan SilaSila Pancasila Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 3 Singojuruh Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 24–29. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/j ppkn/article/download/663/427

Nafisah, S., & Dewi, D. A. (2021). Nilai

Nilai Pancasila Untuk Meningkatkan Nasionalisme di EraGlobal. Konstruksi Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 1(10), 1-6.

Abduh, M., & Tukiran, T. (2017).

Penanaman Nilai-Nilai Sila II Pancasila Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Moral and Civic Education, 1(1), 36–49. https://doi.org/10.24036/885141202017118

Ayu, F. M., & Trisiana, A. (2017).

Penguatan Pancasila Dalam Perbuatan (Alternatif Tindakan Kuratif Di Era Globalisasi). Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 4(2), 14-18.

Fadhila, H. I., & Najicha, F. U. (2021).

Pentingnya Memahami, dan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila di Lingkungan Masyarakat. Propatria: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 204-212.

Fahrudin, A., Bustami, M. R., Andriyani, L., & Albert, W. K. (Eds.). (2021). Nasionalisme: Ragam dan Rasa. Yogyakarta: Idea Press.

Downloads

Published

2025-01-09

How to Cite

santi, efita, Nuvitalia, D., & Fuad Nugraha, Y. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Pbl Berbantuan Media Papan Ceria Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 269–277. Retrieved from http://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6290

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.